Senin 03 Apr 2023 01:09 WIB

Pupuk Kaltim Wajibkan Karyawan Lapor Harta Lewat E-LHKPN

Hal ini dalam rangka mewujudkan tata kelola perusahaan yang baik.

Pabrik PT Pupuk Kaltim. PT Pupuk Kaltim, anak perusahaan BUMN Pupuk Indonesia, mewajibkan seluruh karyawan melakukan pelaporan harta kekayaan melalui E-LHKPN secara tepat waktu.
Foto: Pupuk Kaltim
Pabrik PT Pupuk Kaltim. PT Pupuk Kaltim, anak perusahaan BUMN Pupuk Indonesia, mewajibkan seluruh karyawan melakukan pelaporan harta kekayaan melalui E-LHKPN secara tepat waktu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Kaltim, anak perusahaan BUMN Pupuk Indonesia, mewajibkan seluruh karyawan melakukan pelaporan harta kekayaan melalui E-LHKPN secara tepat waktu. Hal ini dalam rangka mewujudkan tata kelola perusahaan yang sejalan dengan prinsip good corporate governance (GCG).

"Publikasi laporan kekayaan secara berkala melalui E-LHKPN merupakan wujud penerapan tata kelola perusahaan yang baik, sekaligus upaya Pupuk Kaltim dalam mencegah korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN)," ujar Direktur Keuangan dan Umum Pupuk Kaltim Qomaruzzaman dalam keterangannya di Jakarta, Ahad (2/4/2023).

Baca Juga

Qomaruzzaman mengatakan, perusahaan secara rutin memfasilitasi serta mewajibkan karyawan melakukan pelaporan E-LHKPN secara tepat waktu sebagai bentuk kepatuhan terhadap Peraturan KPK RI Nomor 2 Tahun 2020. Hal itu merupakan bagian dari komitmen Pupuk Kaltim dalam penyelenggaraan tata kelola perusahaan yang sesuai prinsip GCG, yakni implementasi aktivitas bisnis berintegritas, berpedoman pada kode etik, serta menerapkan praktik GCG berdasarkan pedoman tata kelola perusahaan yang baik di perusahaan.

Dalam pelaksanaannya, Pupuk Kaltim telah melalui asistensi dan pendampingan Direktorat LHKPN KPK, mengingat aplikasi E-LHKPN merupakan pengganti pengisian manual atau hard copy melalui aplikasi guna mempermudah dan mempercepat pelaporan harta kekayaan. Dari rentang waktu 1 Januari hingga 31 Maret yang diamanatkan peraturan, Pupuk Kaltim telah merealisasikan 100 persen wajib lapor pada 1 Maret 2023 dengan total 360 wajib lapor untuk periode pelaporan E-LHKPN tahun 2022.

Pelapor wajib E-LHKPN terdiri atas pimpinan, manajemen, danpejabat di lingkungan Pupuk Kaltim, meliputi dewan komisaris, jajaran direksi, karyawan grade 1 hingga 3, serta dewan komisaris bersama direksi anak perusahaan afiliasi Pupuk Kaltim yang terkonsolidasi dengan Pupuk Indonesia.

"Kepatuhan pelaporan E-LHKPN juga wujud dukungan Pupuk Kaltim terhadap program pemerintah, khususnya terkait dengan kontrol pengawasan atas harta kekayaan yang diperoleh secara legal dan dapat dipertanggungjawabkan," kata Qomaruzzaman.

Beberapa tahun terakhir, pelaporan LHKPN Pupuk Kaltim menjadi yang terbaik dan tercepat di lingkungan Pupuk Indonesia Group, didasari internalisasi Peraturan KPK Nomor 2 Tahun 2020.

"Asas kepatuhan dan tata kelola perusahaan sesuai dengan prinsip GCG telah menjadi komitmen dan budaya di Pupuk Kaltim untuk terus ditingkatkan dengan menjalankan aktivitas bisnis secara baik dan benar," kata Qomaruzzaman.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement