Rabu 12 Jun 2024 12:30 WIB

Tren Belanja Live Streaming, Shopee Live Masih Jadi Pilihan Favorit Brand Lokal dan UMKM

Ada 67 persen brand lokal dan UMKM, mengakui Shopee Live meningkatkan omzet.

Pedagang memanfaatkan fitur live streaming untuk menjajakan produknya. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pedagang memanfaatkan fitur live streaming untuk menjajakan produknya. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era serba digital seperti saat ini berbelanja melalui live streaming semakin diminati oleh masyarakat. Melalui model berjualan ini, penjual bisa menjangkau lebih banyak konsumen dari berbagai wilayah di tanah air. Tak heran ini menjadikan para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee, TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023. Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace.

IPSOS survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur liv  streaming untuk berjualan. Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai brand-brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut.

photo
Fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often-BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72 persen. - (Dok istimewa)

Adapun indikatornya, antara lain adalah:

- Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind-TOM) dengan persentase 77 persen, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19 persen).

- Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often-BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72 persen, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26 persen). 

- Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82 persen) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18 persen. 

Executive Director IPSOS Indonesia Andi Sukma mengatakan, akhir tahun 2023 lalu, mereka melihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru.

"Jika kita menilik kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya,” kata Andi Sukma.

Tren live streaming yang terus menunjukan pengaruh dan perkembangan yang signifikan, membawa perubahan terhadap lanskap persaingan, baik dalam bisnis penjualan ataupun industri e-commerce itu sendiri. Sebagai salah satu perusahaan riset pasar terkemuka di dunia, IPSOS melihat fenomena ini menjadi hal yang menarik untuk dibahas.

Melihat situasi di lapangan saat ini, IPSOS akan mengulik lebih dalam bagaimana tren live streaming di tahun 2024 ini, dengan adanya kompleksitas isu serta perubahan regulasi yang sedang hangat dibicarakan. Lantas, dari para pemain yang ada saat ini, siapa e-commerce yang fitur live streaming nya menjadi pilihan favorit penjual dalam memberikan omset terbaik dan meningkatkan interaksi dengan calon konsumen? 

photo
Fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind-TOM) dengan persentase 77 persen. - (Dok istimewa)

Aspek penting yang melatarbelakangi pilihan live streaming penjual

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM berdasarkan survei IPSOS di akhir tahun 2023 lalu. Lantas, aspek-aspek apa sajakah yang dicari dan mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e- commerce, adapun persebaran preferensinya adalah:

1. Fitur live streaming dengan layanan yang memuaskan bagi penjual dan pembeli

Live streaming menjadi tren dalam belanja yang kian populer dalam industri e-commerce selama beberapa tahun terakhir. Salah satu keunggulan utama live streaming terletak pada kemampuannya untuk menyajikan interaksi langsung antara penjual dan konsumen. Melalui live streaming, brand lokal dan UMKM dapat berkomunikasi secara real-time, menjawab pertanyaan, dan memberikan informasi langsung kepada konsumen. Fitur dan layanan ini mampu menciptakan pengalaman belanja yang lebih dari sekedar kegiatan jual-beli dan menghadirkan kedekatan antara penjual dengan konsumen.

Menurut data survei IPSOS di akhir 2023, Shopee Live menunjukkan keunggulan yang signifikan dalam menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal dan UMKM dengan persentase 67 persen, jauh memimpin dibandingkan dengan TikTok Live (25 persen), Lazada Live (lima persen), dan Tokopedia Play (tiga persen). Hal ini sejalan dengan hasil temuan survei IPSOS dimana Shopee Live (63 persen) dianggap oleh brand lokal dan UMKM sebagai live streaming dengan fitur interaktif terbaik, diikuti oleh TikTok Live (25 persen), Lazada Live (tujuh persen), dan Tokopedia Play (enam persen). 

photo
Shopee Live menunjukkan keunggulan yang signifikan dalam menyediakan layanan terbaik bagi brand lokal dan UMKM dengan persentase 67 persen. - (Dok istimewa)

2. Fitur live streaming yang membantu meningkatkan omzet brand lokal dan UMKM

Keunggulan fitur live streaming dalam memberikan pengalaman belanja yang berbeda untuk konsumen, hal ini juga membawa pengaruh terhadap omzet brand lokal dan UMKM. Dalam perbandingan antara platform e-commerce, lebih dari setengah brand lokal dan UMKM (67 persen) mengakui Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka. Jauh melampaui para pesaing nya seperti TikTok Live (25 persen), Tokopedia Play (empat persen), dan Lazada Live (empat persen).

Tidak hanya memberikan dampak terhadap omzet, Shopee Live juga dipilih oleh para seller sebagai fitur live streaming yang memberikan keuntungan terbaik (67 persen) bagi bisnis mereka, lalu diikuti oleh TikTok Live (26 persen), Tokopedia Play (empat persen), dan Lazada Live (tiga persen). 

3. Fitur live streaming yang memberikan kontribusi dalam pertumbuhan bisnis

Survei IPSOS akhir tahun 2023, para brand lokal dan UMKM di Indonesia yang menggunakan fitur live streaming e-commerce, mengungkapkan Shopee Live dengan 64 persen mendominasi posisi sebagai fitur live streaming yang paling membantu brand lokal dan UMKM untuk bertumbuh. Angka ini jauh mengungguli e-commerce lainnya seperti TikTok Live (27 persen), disusul Lazada (enam persen) dan Tokopedia Play (tiga persen). 

Adapula aspek keunggulan lainnya pada Shopee Live, yaitu dalam memberikan edukasi kepada penjual. Sebanyak 65 persen brand lokal dan UMKM menilai program edukasi yang ditawarkan Shopee Live sangat bermanfaat dan membantu para penjual. Hal ini menunjukkan adanya komitmen pada platform tersebut dalam membekali para penjual yang bergabung dengan pengetahuan dan keahlian agar dapat memperoleh keuntungan yang optimal dalam penjualan live streaming. Selain itu, adopsi program serupa di e-commerce lainnya masih tertinggal cukup jauh, dengan TikTok Live (28 persen), Lazada Live (lima persen), dan Tokopedia Play (tiga persen).

“Dengan data-data ini, dapat disimpulkan Shopee Live menjadi platform live streaming pilihan utama brand lokal dan UMKM. Shopee Live menjawab berbagai aspek penting yang dibutuhkan oleh para penjual dalam mengembangkan bisnis mereka dan memberikan hasil omzet terbesar bagi brand lokal dan UMKM,” ujar Andi Sukma.

Shopee Live terus berinovasi dan menghadirkan penawaran terbaik bagi para brand lokal dan UMKM untuk memenangkan persaingan di pasar digital. Fitur live streaming ini diyakini akan mampu mempertahankan posisi Shopee sebagai sebagai platform live shopping pilihan para penjual saat ini yang memberikan peluang besar bagi brand lokal dan UMKM. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement