Jumat 09 Jun 2023 15:03 WIB

Sempat Dibantah, Menperin Pastikan Isuzu Pindahkan Fasilitas Produksi Truk ke Indonesia

Pihak Isuzu menargetkan memproduksi UD Trucks sebanyak 1.600 unit pada 2024.

Isuzu mini truk listrik. Ilustrasi
Foto: JapanToday
Isuzu mini truk listrik. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memastikan perusahaan otomotif asal Jepang, Isuzu Motors Ltd, bakal memindahkan fasilitas produksi UD Trucks dari Thailand ke Karawang, Jawa Barat, Indonesia.

"Khusus untuk produk UD Trucks, Isuzu akan memindahkan fasilitas produksinya dari Thailand ke Indonesia," kata Menperin saat temu media di Gedung Kemenperin, Jakarta, Jumat (9/6/2023).

Baca Juga

Menurut dia, hanya produk bermerek UD Trucks yang akan dipindahkan dari Thailand ke Karawang.

"Tapi, itu saya pun kira sudah merupakan achievement yang luar biasa bagi kita di mana mereka berniat memindahkan salah satu produk Isuzu dari Thailand ke Karawang," ujarnya.

Agus mengungkapkan, nantinya produksi UD Trucks dimulai pada 2024. "Ini ada bahan dari Isuzu ketika kami meeting dengan mereka. Commissioning-nya tahun 2024. Jadi, mulai produksinya tahun 2024," katanya.

Lebih lanjut, dia menyatakan, pihak Isuzu juga tidak membuka lahan baru, tapi hanya menambahkan line of production di Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) di Karawang. Selain itu, kata dia, nantinya juga bakal ada penyerapan tenaga kerja sekitar 100 sampai dengan 150 orang untuk line of production yang baru untuk memproduksi UD Trucks.

"Nilai investasinya dua juta dolar AS. Jadi, pertambahan dari line of production. Jadi, dia (Isuzu) tidak buka lahan baru, tetapi tinggal penambahan line of production, tetapi itu pun sudah cukup. Jadi, akan ada penyerapan tambahan tenaga kerja sekitar 100 sampai 150 khusus untuk line of production yang baru itu untuk memproduksi UD Trucks," kata Agus.

Ia juga mengungkapkan, pihak Isuzu menargetkan memproduksi UD Trucks sebanyak 1.600 unit pada 2024. "Awalnya, UD Trucks akan produksi di Indonesia tahun 2024 dengan volume 1.600 unit dan setiap tahunnya akan bertambah volume untuk produksinya dari UD Trucks," ujarnya.

Sebelumnya, Menperin bertemu dengan jajaran manajemen Isuzu di Tokyo, Jepang, Selasa (6/6/2023). UD Trucks yang semula dimiliki oleh Volvo telah diambil alih Isuzu pada 2019. Di Indonesia, pabrik Isuzu yang berlokasi di Karawang memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, mencapai 85 persen. Produksi 2022 sebesar 44.694 unit atau 15 persen dari total produksi Isuzu di seluruh dunia.

Pada 2022, ekspor Isuzu Indonesia mencapai 8.254 unit untuk jenis kendaraan completelybuilt up (CBU). Pada 2023, Isuzu menargetkan peningkatan ekspor dari 25 negara dibandingkan tahun lalu. Pabrik Isuzu Indonesia saat ini memproduksi kendaraan niaga Traga yang diekspor ke berbagai negara, dengan pasar utama Timur Tengah dan Filipina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement