Kamis 08 Jun 2023 19:52 WIB

Menperin Sebut Isuzu Pindahkan Pabrik Thailand ke Indonesia, Ini Bantahan Isuzu Jepang

Isuzu fokus Indonesia sebagai pasar utama.

Logo Isuzu terlihat pada International Motor Show ke-87 di Palexpo di Jenewa, Swiss 8 Maret 2017.
Foto: Reuters
Logo Isuzu terlihat pada International Motor Show ke-87 di Palexpo di Jenewa, Swiss 8 Maret 2017.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO - Produsen truk Jepang Isuzu Motors mengatakan pada Kamis (8/6/2023)  pihaknya tidak berencana untuk memindahkan pabrik ke Indonesia dari Thailand, sehari setelah Menteri Perindustrian Indonesia mengisyaratkan Isuzu akan melakukannya.

“Sementara perusahaan kami terus fokus pada Indonesia sebagai pasar utama, tidak ada rencana untuk merelokasi pabrik Thailand ke Indonesia,” kata juru bicara Isuzu.

Baca Juga

Perusahaan belum membuat pengumuman tentang masalah ini, tambah juru bicara itu. Isuzu sudah memiliki pabrik di Karawang, Indonesia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pada Rabu bahwa Isuzu berencana untuk memindahkan pabrik dari Thailand ke Indonesia dan dapat mulai berproduksi pada awal tahun depan.

Seorang pejabat senior Kementerian Perindustrian pun menegaskan pada Kamis malam bahwa Isuzu akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

"Mungkin mereka belum benar-benar mengkomunikasikannya. Tapi dipastikan mereka ingin merelokasi UD Truck (pabrik truk mereka)," kata Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Kementerian Perindustrian Indonesia, kepada wartawan.

Saham beberapa perusahaan suku cadang mobil Thailand sold off  pada hari Kamis menyusul komentar dari Menteri Perindustrian Indonesia.

Isuzu mulai membuat truk di Thailand 60 tahun lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement