Rabu 27 Sep 2023 23:58 WIB

Rajin Setor Dividen ke Kas Negara, Semen Indonesia Raih Prominent Awards 2023

Operational excellence adalah kunci keberhasilan SIG dalam mempertahankan kinerja.

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Perusahaan BUMN Terunggul dalam Operational Excellence & Kontribusi Finansial bagi Negara pada ajang Prominent Awards 2023.
Foto: dok istimewa
PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Perusahaan BUMN Terunggul dalam Operational Excellence & Kontribusi Finansial bagi Negara pada ajang Prominent Awards 2023.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Berkat kinerja positif yang konsisten serta keberhasilan dalam mencapai operational excellence yang berkontribusi terhadap pendapatan negara melalui dividen, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SMGR) atau SIG berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori Perusahaan BUMN Terunggul dalam Operational Excellence & Kontribusi Finansial bagi Negara pada ajang Prominent Awards 2023. Acara tersebut diselenggarakan oleh Solutee bekerja sama dengan Metro TV.

Prominent Awards 2023 adalah ajang penghargaan bagi perusahaan dan yayasan yang tidak hanya menonjol tetapi juga mampu tumbuh serta memberikan dampak signifikan bagi bangsa dan negara. Dari ajang ini, hanya 18 entitas yang berhasil meraih penghargaan setelah melalui seleksi ketat berdasarkan prestasi yang menonjol. 

Sekretaris Perusahaan SIG, Vita Mahreyni, menyatakan operational excellence adalah kunci keberhasilan SIG dalam mempertahankan kinerja positif di tengah tantangan industri bahan bangunan.

Dengan modifikasi model operasi dan peningkatan proses produksi, SIG terus meningkatkan efisiensi operasional demi optimalisasi dan efisiensi biaya.

"SIG juga melaksanakan beberapa inisiatif strategis guna selalu menjadi pemimpin industri bahan bangunan nasional. Fokus kami adalah pada pengelolaan pasar, mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan kinerja, serta riset dan pengembangan inovasi produk dan layanan agar dapat menjangkau segmen pasar yang belum optimal atau belum pernah dijangkau," ujar Vita dalam siaran pers, Rabu (27/9/2023).

Lanjut Vita, SIG berhasil mencatat laba bersih sebesar Rp 2,365 triliun pada tahun 2022, meningkat 15,5 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp2,047 triliun.

Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) SIG tahun 2023, sebanyak 70 persen dari laba bersih tahun 2022, atau setara dengan Rp 1,65 triliun, ditetapkan sebagai dividen tunai. Dari jumlah tersebut, pemerintah menerima dividen sebesar Rp847 miliar karena kepemilikan saham SIG, meningkat 62 persen dari periode sebelumnya yang sebesar Rp 522 miliar. 

"Penghargaan Prominent Awards 2023 merupakan apresiasi sekaligus pengakuan atas kemampuan SIG yang menunjukkan kinerja positif melalui berbagai inisiatif strategis. Keunggulan operasional menjadi keunggulan kompetitif perusahaan kami," pungkas Vita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement