Sabtu 06 Nov 2021 14:08 WIB

Arab Saudi Naikkan Harga Jual Minyak di Kawasan Asia

Oman dan Dubai juga menaikkan harga jual minyak mentahnya.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Harga minyak mentah. (ilustrasi)
Harga minyak mentah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH – Produsen minyak negara Arab Saudi Aramco menaikkan harga jual resmi (OSP) Desember ke kawasan Asia. Dikutip dari Reuters, Sabtu (6/11) untuk minyak mentah ringan Arab menjadi 2,70 dolar AS per barel.

Sementara minyak mentah Oman atau Dubai juga dinaikkan harga jualnya. Untuk harga jual minyak mentah Oman atau Dubai naik 1,40 dolar AS pada November 2021.

Baca Juga

Arab Saudi Aramco menetapkan OSP Arab Light ke Eropa Barat Laut dengan diskon 30 sen per barel di atas ICE Brent. Lalu untuk Amerika Serikat ditambah 1,75 dolar AS per barel di atas Argus Sour Crude Index (ASCI).

Sebelumnya, Aramco pada September 2021 memberi tahu pelanggan dalam sebuah pernyataan akan memotong harga jual resmi (OSP) Oktober untuk semua kadar minyak mentah yang dijual ke Asia. Pemotongan harga itu lebih besar dari yang diperkirakan.

“Ketika raksasa Saudi memangkas harga jualnya ke Asia untuk Oktober, menandakan bahwa hubungan penawaran-permintaan sedikit bergeser, para pedagang tidak bisa tidak mengikuti jalan itu hari ini,” kata Bjornar Tonhaugen, kepala pasar minyak di Rystad Energy.

Pasokan minyak global meningkat karena Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC Plus, meningkatkan produksi sebesar 400.000 barel per hari (bph) setiap bulan antara Agustus dan Desember.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement