Ahad 31 Oct 2021 01:50 WIB

Inflasi Uni Eropa Capai Level Tertinggi 13 Tahun Terakhir

Lonjakan inflasi dipicu lonjakan harga energi.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Uni Eropa.
Foto: EPA/Patrick Seeger
Bendera Uni Eropa.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Harga-harga barang tingkat konsumen di 19 negara Uni Eropa dengan mata uang Euro melonjak ke level tertinggi dalam 13 tahun terakhir. Kenaikan itu dipicu oleh melonjaknya harga energi dan permintaan yang sempat tertahan akibat pandemi.

Dilansir dari AP, Sabtu (30/10), Badan Statistik Uni Eropa, Eurostat, mencatat, laju inflasi di seluruh blok naik menjadi 4,1 persen hingga Oktober, naik dari posisi September yang sebesar 3,4 persen. Kenaikan tersebut merupakan yang tertinggi sejak Juli 2008, ketika inflasi juga mencapai 4,1 persen.

Baca Juga

Inflasi di 19 negara, seperti di tempat lain di dunia, telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena ekonomi global pulih dari pandemi virus corona.

Pemulihan belum normal, dengan bisnis dan konsumen di seluruh dunia merasakan sejumput cadangan rantai pasokan dan kekurangan tenaga kerja yang telah membantu menyebabkan kenaikan harga pada segala hal. Dimulai dari makanan hingga mainan menuju musim belanja liburan.

Tetapi efek paling dramatis pada harga dari pelonggaran aktivitas masyarakat dan peningkatan permintaan global adalah melonjaknya biaya energi. Itu telah menaikkan tagihan listrik dan mengancam pemulihan ekonomi.

Lonjakan terbaru dalam harga konsumen kemungkinan akan menekan Bank Sentral Eropa untuk lebih cepat mengakhiri langkah-langkah stimulus pandemi, dengan inflasi berjalan dua kali lipat dari target 2 persen.

Bank sentral biasanya menaikkan suku bunga dan menghentikan upaya stimulus untuk memerangi kenaikan harga, tetapi terkadang mereka menunda jika mereka pikir itu terkait dengan faktor sementara.

Bank Sentral Eropa mengatakan pada hari Kamis (28/10), sebagian besar lonjakan harga terkait dengan perbandingan dengan harga rendah selama pandemi. Seperti biaya bahan bakar yang lebih tinggi baru-baru ini dan permintaan yang melampaui pasokan ketika ekonomi dibuka kembali.

Pejabat bank mengatakan mereka memperkirakan ketiganya bersifat sementara, mereka mempertahankan dukungan pandemi mereka, termasuk program pembelian obligasi 1,85 triliun euro (2,14 triliun dolar AS) hingga Maret.

"Kami setuju dengan ECB bahwa kekuatan yang mendorong inflasi akan memudar tahun depan," kata Jack Allen-Reynolds, ekonom senior Eropa di Capital Economics.

"Tetapi mengingat ketidakpastian tentang berapa lama masalah pasokan akan bertahan, risikonya jelas condong ke arah overshoot 2 persen yang lebih tahan lama," ujarnya menambahkan.

Angka Jumat dari Eurostat menunjukkan kenaikan harga mulai menyaring ekonomi zona euro. Tingkat inflasi inti yang menghapus barang-barang yang mudah menguap seperti alkohol, energi, makanan dan tembakau mencapai 2,1 persen pada Oktober, naik dari 1,9 persen bulan sebelumnya.

Secara terpisah, Eurostat mengatakan pertumbuhan di negara-negara yang menggunakan euro naik 2,2 persen pada kuartal ketiga tahun ini, sedikit lebih tinggi dari kuartal sebelumnya 2,1 perse.

Ada pembaruan beragam di antara negara-negara yang telah menerbitkan angka triwulanan, dengan Prancis mencatat pertumbuhan 3 persen yang kuat dan Jerman, ekonomi terbesar Eropa, berkinerja buruk dengan hanya 1,8 persen.

Meskipun Eurostat tidak memberikan perincian tentang susunan pertumbuhan dalam ekonomi zona euro, jelas bahwa berakhirnya pembatasan aktivitas telah membantu menopang sektor jasa, seperti restoran dan bar.

Ke depan, ada kekhawatiran pertumbuhan akan mulai mendingin karena ekonomi semakin mendekati tingkat output sebelum pandemi melanda tahun lalu dan kenaikan inflasi membatasi daya beli rumah tangga dan aktivitas industri.

Kekurangan produk tertentu karena masalah rantai pasokan di seluruh dunia juga menyebabkan aktivitas pincang, seperti halnya kebangkitan virus lainnya selama musim dingin.

"Ekonomi zona euro terus bangkit kembali pada kuartal ketiga, tetapi hambatan untuk pertumbuhan sekarang meningkat," kata Tej Parikh, Direktur Fitch Ratings.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement