Selasa 05 Oct 2021 21:13 WIB

Inklusi Keuangan Digital Dorong Pemulihan Ekonomi Indonesia

Pada 2021 omzet mitra UMKM di ekosistem GoTo Financial diprediksi naik 37 persen.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Aplikasi Gopay. Ekosistem keuangan digital, GoTo Financial, disebut berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan.
Aplikasi Gopay. Ekosistem keuangan digital, GoTo Financial, disebut berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekosistem keuangan digital, GoTo Financial, disebut berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan. Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), GoTo Financial menjadi pintu pertama bagi masyarakat luas mengakses dan menggunakan layanan dan produk keuangan digital yang lebih luas. 

Digitalisasi yang dilakukan ekosistem GoTo Financial juga turut menciptakan dampak ekonomi dan sosial dalam skala yang lebih besar dengan jangka yang lebih panjang. Secara ekonomi, GoTo Financial membantu mitra UMKM-nya meningkatkan omzet dan membantu meningkatkan efisiensi usaha UMKM, seperti mengurangi biaya operasional.

Baca Juga

Wakil Kepala LD FEB UI, Paksi C K Walandouw mengungkapkan, berdasarkan hasil temuan riset ini, diperkirakan pada 2021 omzet mitra UMKM di ekosistem GoTo Financial akan meningkat 37 persen atau sekitar Rp 53,2 triliun jika dibandingkan dengan tahun 2020.

Peningkatan omzet mitra pada 2021 menandakan solusi platform digital mampu membantu UMKM bertumbuh sekaligus sinyal pemulihan ekonomi. Pertumbuhan ini saya rasa akan bisa semakin diperkuat karena produk-produk GoTo Financial juga mengubah persepsi sosial masyarakat terhadap layanan keuangan formal.

"Di mana kini mayoritas pelaku UMKM menjadi lebih percaya dengan produk keuangan dan optimis terhadap potensi usaha digital," ujar Paksi, Selasa (5/10).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement