Selasa 05 Oct 2021 21:12 WIB

GoTo Financial Bantu Masyarakat Terbuka pada Investasi

Hal ini mematahkan persepsi investasi hanya orang kaya.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Fuji Pratiwi
Aplikasi Gopay. Ekosistem keuangan digital, GoTo Financial, disebut berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan.
Aplikasi Gopay. Ekosistem keuangan digital, GoTo Financial, disebut berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekosistem keuangan digital, GoTo Financial, disebut berperan dalam meningkatkan inklusi keuangan. Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), GoTo Financial menjadi pintu pertama bagi masyarakat luas mengakses dan menggunakan layanan dan produk keuangan digital yang lebih luas. 

Menurut riset, konsumen dari berbagai latar belakang pendidikan, pekerjaan dan pemasukan secara merata menggunakan GoPay untuk investasi digital, seperti reksa dana dan emas. Hal ini mematahkan persepsi bahwa investasi hanya dapat diakses oleh masyarakat dengan pemasukan dan pendidikan tinggi. 

Baca Juga

GoTo Financial juga membuat masyarakat jadi lebih terbuka dalam memanfaatkan layanan keuangan lainnya. Berdasarkan riset, satu dari empat pengguna GoPay tertarik membuka rekening bank melalui GoPay. 

Peneliti LD FEB UI, Alfindra Primaldhi mengatakan, digitalisasi berperan sebagai katalis peningkatan inklusi keuangan di berbagai lapisan masyarakat. Riset ini menunjukkan bahwa teknologi digital, seperti ekosistem GoTo Financial, mampu menjangkau kelompok yang sebelumnya tidak terjangkau.

"Ekosistem GoTo Financial bahkan mendorong pemanfaatan produk keuangan yang sebelumnya belum umum digunakan masyarakat luas, seperti pinjaman dan investasi," kata Alfin, Selasa (5/10).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement