Kamis 27 May 2021 15:16 WIB

PPI Gandeng N Brothers Tingkatkan Ekspor ke Australia

N Brothers salah satu perusahaan yang dimiliki diaspora Indonesia di Australia.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Nidia Zuraya
Kapal Kargo pengangkut kontainer komiditi ekspor (ilustrasi)
Foto:

Kata Nina, PPI coba mengadaptasikan arahan presiden dalam trade outlook 2020 terkait peningkatan traffic perdagangan negara, yaitu melalui stabilisasi harga, terutama inflasi serta meningkatkan daya beli masyarakat; membantu UKM, dengan membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dalam menembus pasar ekspor melalui perjanjian kerja sama perdagangan internasional. 

Tak ketinggalan lima prioritas Kementerian BUMN sebagai parameter KPI PPI dalam nilai ekonomi dan sosial untuk Indonesia, inovasi model bisnis, kepemimpinan teknologi, peningkatan investasi dan pengembangan talenta. 

Dalam inovasi model bisnis ini, ungkap Nina, target PPI dalam Holding Pangan di antaranya pembentukan 13 Representative Office sampai dengan akhir 2024, hal ini untuk mendukung model pemasaran dan penjualan ekspor, ekspor produk di Holding pangan, terlaksananya misi dagang, misi pembelian, misi pemasaran, pameran dagang, dan promosi katalog untuk ekspor.

Nina menyebut penjajakan PPI dengan wakil dari Australia ini sebagai langkah konkret ekspansi market PPI di luar negeri. "PPI dan N Brothers akan menjajaki pasar masing-masing, menyiapkan produk atau komoditi yang potensial. Dalam rencana pembukaan RO, tentu akan terus ditingkatkan dalam pemenuhan sarana dan prasarananya," ungkap Nina. 

Nina mengatakan PPI akan lakukan optimalisasi fungsi PPI berkaitan dengan fungsi offtaker peningkatan market share di perdagangan pangan dan nonpangan, penambahan sumber suplai yang terukur sehingga diharapkan terwujud potensial transaksi dalam waktu dekat.

PPI, lanjut Nina, meyakini pemerintah terus lakukan peningkatan iklim usaha yang kondusif terutama di tengah kondisi pandemi ini sehingga perekonomian nasional terus bergerak. 

"PPI akan mendukung upaya pemerintah untuk mencapai target sasaran strategis 2021, baik dalam sektor Perdagangan Dalam Negeri maupun Perdagangan Luar Negeri, membangkitkan kembali geliat perekonomian, khususnya dalam proses pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19," kata Nina.

Sales and Marketing Director N. Brothers, Mohamad Rohmat juga mengucapkan terima kasih kepada PPI yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk dapat bermitra dalam kerja sama dagang, khususnya dalam rangka meningkatkan ekspor produk Indonesia ke Australia. 

“Kami optimistis melalui kerja sama dagang ini, yang memiliki kapasitas saling melengkapi, akan dapat lebih menguntungkan dan mengoptimalkan peluang bisnis yang ada di pasar Australia," ucap Rohmat. 

Rohmat menyebut kerja sama yang didukung banyak pihak, khususnya Pemerintah Indonesia ini, merefleksikan komitmen bersama untuk mengambil manfaat yang sebesar-besarnya bagi dunia usaha Indonesia dari implementasi IA-CEPA yang berlaku sejak Juli tahun lalu. 

"Kami akan memegang teguh perjanjian kerja sama ini dan akan berkomitmen untuk melakukan pengembangan bisnis dan pasar ekspor produk Indonesia di pasar Australia," kata Rohmat.

Acara ini juga dihadiri Managing Director N Brothers Yeslam Alwaini, Atase Perdagangan RI di Australia, Agung Wicaksono, dan Ketua Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) di Australia, Ayu Siti Maryam. Dari pihak PPI, hadir Komisaris Hamli, Direktur Komersial & Pengembangan Andry Tanudjaja, dan Direktur Operasi Eko Budianto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement