Jumat 10 Mar 2023 22:22 WIB

Pupuk Kaltim Gelar Pelatihan Pembuatan Kompos Pakai Biodex

Pelatihan didasari ketersediaan kiambang di Danau Manggar, Balikpapan.

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar pelatihan pembuatan kompos menggunakan Bioaktivator Biodexbagi Kelompok Tani Hutan
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar pelatihan pembuatan kompos menggunakan Bioaktivator Biodexbagi Kelompok Tani Hutan

REPUBLIKA.CO.ID, BONTANG -- PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar pelatihan pembuatan kompos menggunakan Bioaktivator Biodexbagi Kelompok Tani Hutan (KHT) Mitra Wana Lestari, Kelurahan Karang Joang Kota Balikpapan. VP Marketing Business Partner Korporasi Pupuk Kaltim Indah Febrianty mengatakan pelatihan itu didasari ketersediaan bahan baku berupa kiambang yang banyak didapati di Danau Manggar, Balikpapan, yang kerap menutupi permukaan air hingga dianggap mengganggu.

Pelatihan juga bertujuan memberdayakan potensi kelompok tani dengan meningkatkan pengetahuan serta pemahaman para petani, agar mampu memaksimalkan limbah organik guna memacu potensi dan produktivitas lahan pertanian.

Baca Juga

"Melalui pelatihan ini para petani bisa memanfaatkan bahan organik yang awalnya dianggap tidak bermanfaat, menjadi kompos yang berfungsi untuk lahan pertanian dan tanaman. Sehingga ke depan, para petani bisa memproduksi kompos sendiri untuk menekan biaya produksi dan kebutuhan pupuk tanaman," kata Indah, Jumat (10/3/2023).

Biodex sebagai bioaktivator perombak atau pendegradasi bahan organik, kata dia, hadir dengan konsep ramah lingkungan dan memiliki kemampuan mempercepat proses pengomposan secara efektif.

"Biodex juga dapat diaplikasikan tanpa harus menambahkan bahan lainnya seperti molase atau tetes tebu sebagai katalisator. Hal ini salah satu wujud aktif Pupuk Kaltim dalam memperbaiki kualitas tanah guna mendukung produktivitas pertanian secara berkelanjutan," ucapnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement