Kamis 01 Feb 2018 14:55 WIB

Wacana Kenaikan Tarif Listrik Bisa Picu Inflasi

Meski kenaikan tarif listrik belum dipastikan, harga bahan pokok bisa naik.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nur Aini
Meteran listrik (ilustrasi).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Meteran listrik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Energi, Universitas Gajah Mada, Fahmi Radhi menilai isu kenaikan tarif listrik memicu  inflasi. Ia menilai, meski pemerintah sedang merumuskan formula baru tetapi kenaikan harga belum tentu terjadi.

Menurut Fahmi, tarif listrik yang kemungkinan tidak naik, malah membuat harga bahan baku lebih dulu naik. Kondisi ini yang dinilai membahayakan dan merugikan masyarakat.

"Pasalnya, isu kenaikan tarif listrik berpotensi memicu inflasi. Bahkan gejolak inflasi akan terjadi, sebelum tarif listrik benar-benar diputuskan untuk dinaikkan," ujar Fahmi di Cikini, Kamis (1/2).

Fahmi mengatakan ketika tarif listrik naik yang memicu melonjaknya harga-harga kebutuhan pokok, maka rakyat kecil yang paling menderita menanggung beban.

"Tidak bisa dihindari, peningkatan inflasi itu akan menambah jumlah rakyat miskin, yang selama tiga tahun ini sudah menurun jumlahnya," ujar Fahmi.

Padahal, kata Fahmi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan sudah berulangkali menekankan bahwa Pemerintah tidak akan menaikkan tarif listrik untuk semua golongan pelanggan PT PLN (Persero), baik bersubsidi maupun non-subsidi. Keputusan tersebut berlaku pada periode 1 Januari hingga 31 Maret 2018.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement