Kamis 17 Mar 2016 11:44 WIB
Usaha Rakyat

Ranthi Gresmalda, Jual Tas Hasil Kerajinan Tangan Hasilkan Uang Jutaan

Rep: Sonia Fitri/ Red: Nur Aini
Tas buatan Ranthi
Foto:

Craft, menurutnya, merupakan produk bisnis yang unik. Ia merupakan kreasi buatan tangan yang punya nilai kekhususan tersendiri. Beda tangan akan beda pula hasil dan keindahannya. Produk itu tidak bisa diserupakan dengan produk lain. Tas hasil kreasinya unggul di aspek desain, kualitas bahan baku yang digunakan, serta ketelitian, dan kerapiannya. Saking detailnya, ia tidak jarang melakukan bongkar-pasang sampai puas dengan hasilnya sebelum diunggah di dunia maya untuk promosi.

Produk tas yang ia hasilkan, di antaranya, tote bag, pouch, dan sling bag. Tas buatannya eksklusif sebab model disesuaikan dengan permintaan pemesan serta pengerjaannya menggunakan bahan-bahan berkualitas. Berdasarkan hasil testimoni sejumlah pelanggan, produk tas buatannya dinilai unik dengan penggunaan warna cerah yang berpadu.

"Ketika melakukan mix and match kain yang berwarna-warni itu, ada kepuasan sendiri di batin saya," tuturnya. Setiap jenis tas memiliki teknik pembuatan yang beragam. Meski telah mengikuti workshop dan aktif di grup, ia terus memperluas pengetahuannya soal tas melalui buku-buku impor.

Ranthi meyakini, seberapa pun berbakatnya seorang pengusaha, ia tak akan bertahan dalam dunia bisnis jika sudah merasa pintar. Maka itu, ia terus-menerus memperbarui pengetahuannya soal fashion selalu berubah cepat. Ia juga harus pandai membaca minat konsumen kebanyakan, lalu dipadupadankan dengan ide-ide di dalam dirinya.

Ia juga terus mengasah kemampuannya dengan berbagi. Maksudnya, ia terbuka bagi siapa pun yang ingin belajar membuat tas cantik kepadanya. "Saat ini, ada yang belajar menjahit piyama anak dari bahan katun, ilmu saya masih cetek dan pemula, tapi tidak ada salahnya berbagi," katanya.

Ia mengamini soal tantangan terbesar seorang pengusaha, yakni menghadapi rasa bosan. Namun, rasa penasaran membuat produk-produk tas model baru masih menjaganya dari bosan, setidaknya hingga kini. Ranthi juga mengaku belum mengalami rasa duka selama berbisnis. "Bagaimana bisa berduka sementara hasil karya diapresiasi, dapat keuntungan materi pula," tuturnya.

Biodata Pengusaha:

Nama lengkap: Ranthi Gresmalda Dimar

TTL : Jakarta, 10 Desember 1977

Alamat lengkap: Komp DPR Kemanggisan RT 02/013 No 20, Palmerah, Jak-Bar

Nama brand: Gresmalda

Alamat FB : Gresmalda Sikat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement