Rabu 18 Feb 2015 02:15 WIB

Enam Langkah Pemerintah Cina Menuju Perekonomian Terbesar Dunia

Rep: C10/ Red: Winda Destiana Putri
EKONOMI CINA: Pertumbuhan ekonomi Cina
Foto: blacktokyo.com
EKONOMI CINA: Pertumbuhan ekonomi Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sepuluh tahun terakhir pertumbuhan ekonomi Cina menjadi yang tercepat di dunia. Hal tersebut dikarenakan tingkat pertumbuhan ekonomi Cina, rata-rata pertahun meningkat 10 persen.

Peningkatan tersebut bertahan selama hampir 30 tahun setelah reformasi ekonomi yang dipelopori oleh Deng Xiaoping pada tahun 1970.

Menurut bagian Administrasi Negara bagian Industri dan Perdagangan Cina, jumlah wirausahawan Cina meningkat 46 persen pada tahun 2013.

Perusahaan swasta telah mendorong pertumbuhan ekonomi Cina dalam sepuluh tahun terakhir. Hal tersebut membuat Cina berpotensi menjadi negara yang pertumbuhan ekonominya terbesar di dunia.

Dilansir dari laman Theconversation, Rabu (18/2) dalam satu area Cina terus melanjutkan perkembangan sektor perusahaan swasta. Cina juga mempermudah proses perijinan bisnis perusahaan sejak Febuari 2014. Kemudian setelah itu terjadi lonjakan besar jumlah pendaftar baru yang ingin membuka bisnis.

Pembangunan sektor swasta akan menentukan masa depan Cina. Pemerintah Cina pun harus mendorong pengembangan sektor swasta dalam enam cara.

Pertama, pemerintahan Cina harus menciptakan kondisi mikroekonomi yang baik. Misalnya memperbaiki infrastruktur yang mendorong terciptanya peluang bagi para pengusaha untuk mengembangkan usaha mereka.

Kedua, mengutamakan sektor swasta. Pemerintah harus memastikan perkembangan sektor makroekonomi swasta terus meluas. Sebagai contoh, proyek-proyek besar bisa diberikan kepada peruahaan swasta, bukan kepada negara.

Ketiga, negara harus mendukung para pengusaha. Negara bisa membantu sektor swasta baik secara langsung mau pun tidak langsung melalui kebijakan dan regulasi yang bersahabat bagi perusahaan swasta.

Keempat, perlindungan properti harus diperkuat. Negara juga harus memperkuat pelindungan hak milik pribadi dan lebih aktif menegakan hukum properti. Secara mekanisme dapat membantu para pengusaha mengurus hak-hak mereka.

Kelima, negara harus berani berinvestasi dalam bentuk bisnis baru. Bank pemerintahan Cina harus lebih berpihak kepada perusahaan swasta. Hal tersebut dapat merangsang pertumbuhan bisnis-bisnis baru.

Keenam, pemerintah harus mendukung sektor swasta dalam bentuk dana. Pemerintah harus menemukan cara untuk mendanai perusahan-perusahaan swasta demi terciptanya perekonomian yang inovatif. Selain itu, mengembangkan infrastruktur nasional dengan melibatkan perusahaan swasta dapat menciptakan perekonomian yang lebih kompetitif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement