Senin 01 Jan 2018 12:34 WIB

Cina Buka Akses Lebar Bagi Investor Asing

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Winda Destiana Putri
Bendera Cina
Bendera Cina

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pemerintah Cina akan membuka lebar-lebar pintu masuk bagi investor asing. Komitmen itu disampaikan oleh Menteri Perdagangan Cina Zhong Shan dalam sebuah tulisan yang diterbitkan jurnal milik Partai Komunis Cina, Qiushi, pada Ahad (31/12) lalu.

Seperti dikutip Reuters, dalam tulisan itu, Zhong mengatakan negaranya akan meningkatkan porsi investasi asing. Tak hanya itu, pemerintah Cina juga berjanji untuk mempermudah investor memasuki pasar mereka serta menjamin hak-hak perusahaan asing.

"Cina akan menciptakan iklim usaha yang adil, transparan dan memberi kepastian," kata Zhong.

Ia juga menegaskan bahwa Beijing akan terus melanjutkan reformasi birokrasi yang terkait dengan usaha. Cina, kata dia, berkomitmen untuk menjadi negara bisnis dan perdagangan yang kuat sebelum tahun 2050.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan asing yang beroperasi di Cina dihantui ketidakpastian. Hal ini terjadi seiring dengan kebijakan pemerintah yang dianggap hanya menguntungkan pengusaha lokal sehingga menciptakan level persaingan usaha yang tidak adil.

Tak hanya itu, investor asing juga khawatir karena peraturan yang terkait dengan transparansi dan hak kekayaan intelektual dianggap masih lemah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement