Rabu 11 Sep 2024 20:45 WIB

Performa New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport di Trek Off-Road

Toyota melakukan improvement pada suspensi New Fortuner.

Toyota New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport melintasi jalan becek di kawasan Cisauk, BSD Tangerang, Selasa (10/9/2024).
Foto: REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI
Toyota New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport melintasi jalan becek di kawasan Cisauk, BSD Tangerang, Selasa (10/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,Toyota Fortuner sudah lama menjadi salah satu mobil favorit para pecinta petualangan. PT Toyota Astra-Motor (TAM) meluncurkan New Fortuner dengan varian terbaru yang semakin disempurnakan untuk menaklukkan medan off-road di Jakarta, Jumat (6/9/2024). New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport dengan embel-embel GR Sport ini membawa sejumlah peningkatan yang membuatnya semakin siap untuk diajak bertualang.

Selasa (10/9/2024), PT TAM mengajak wartawan untuk merasakan New Fortuner di kawasan BSD Tangerang Selatan. Untuk varian 4x2 GR 2.8 rute yang ditempuh adalah jalan raya sekitar wilayah BSD. Test drive ini lebih diutamakan untuk fitur T Intouch.

Baca Juga

Pada kategori In-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected RSE, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di mobil dalam situasi darurat.

photo
New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport di trek menurun. - (REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI)

In-Car Connectivity juga menghadirkan In-Car Wifi Hotspot berbasis jaringan broadband 4G/LTE Telkomsel terluas diIndonesia dan tersedia secara gratis untuk periode 3 bulan pertama secara terbatas. Wifi Hotspot diakses lewat head unit dan RSE.

Sedangkan untuk varian New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport jurnalis diajak merasakan kemampuan mobil ini di medan off-road yang berlokasi di kawasan Cisauk, BSD, Tangerang.

Eksterior agresif dan aerodinamis

Sebelum memasuki kabin, salah satu yang menarik perhatian adalah desain eksterior Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport yang lebih agresif dan sporty dibandingkan dengan varian sebelumnya. Grille depan yang lebih besar, dan bumper depan yang lebih tegas,  memberikan kesan tangguh dan siap tempur. Desain ini tidak hanya sekadar tampilan, tetapi juga berfungsi untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan.

photo
New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport di trek off road. - (REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI)

Sementara itu, meskipun dirancang untuk medan off-road yang ekstrem, interior New Fortuner 4x4 GR 2.8 tetap menawarkan kenyamanan dan kemewahan. Material berkualitas tinggi digunakan pada seluruh bagian kabin, memberikan nuansa premium. Fitur-fitur modern seperti layar sentuh infotainment, sistem audio berkualitas tinggi, dan konektivitas smartphone juga tersedia untuk menemani perjalanan para petualang.

Ketika melintasi jalan tanah merah yang sehari sebelumnya diguyur hujan, dapur pacu New Fortuner 4x4 GR 2.8 yang ditenagai oleh mesin diesel 2.8 liter dan menghasilkan tenaga dan torsi yang besar dapat melahapnya dengan mudah tanpa khawatir slip.

photo
New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport dengan ban belakang bagian kiri tidak menapak tanah. - (REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI)

Kombinasi antara tenaga yang memadai dan torsi yang besar membuat New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport sangat responsif dalam berbagai kondisi jalan, termasuk medan off-road.

Dengan sistem penggerak New Fortuner 4x4 GR 2.8 yang telah disempurnakan untuk memberikan traksi yang optimal di berbagai medan, kita dapat menyesuaikan performa kendaraan sesuai dengan kondisi jalan.

photo
New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport di jalan menanjak. - (REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI)

Ditambah pula fitur keamanan lengkap untuk menunjang perjalanan off-road. New Fortuner 4x4 GR 2.8 dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan canggih, seperti sistem pengereman ABS, EBD, BA, kontrol traksi, dan kontrol stabilitas. Fitur-fitur ini akan membantu menjaga kendali kendaraan dalam situasi yang sulit.

Selain itu, dengan ground clearance yang tinggi, sudut pendekatan dan keberangkatan yang besar, serta sistem suspensi yang kokoh, Fortuner 4x4 GR 2.8 dengan mudah menaklukkan berbagai medan off-road, baik itu medan berbatu, berlumpur, atau berpasir.

Saat pedal gas ditekan dalam-dalam di jalan yang ada kerikil dan tanah yang sedikit ada gundukan, New Fortuner 4x4 GR 2.8 dapat melaju dengan stabil. Suspensi mobil ini tidak membuat mobil limbung dan penumpang di dalamnya pun tetap merasakan kenyamanan seperti kendaraan 4x2 melibas polisi tidur dalam kecepatan sedang.

Seperti dikatakan Marketing Director, PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mobil 4x4 harus bisa menjawab tantangan medan baik itu di on-road ataupun medan off-road. “Suspensi pada New Fortuner dirancang sedemikian rupa supaya mobil tetap stabil, rigid dan kokoh untuk menghandle jalanan on-road ataupun off-road,” terang Anton saat ditemui di sela peluncuran produk New Fortuner, Jumat (06/09/2024).

photo
New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport saat digeber dalam kecepatan tinggi. - (REPUBLIKA/FIRKAH FANSURI)

Ground clearance yang tinggi membuat mobil ini pun mampu melahap trek yang ekstrim untuk tanjakan dan turunan ekstrim. Selain itu mobil yang dipasarkan dengan harga Rp 761,7 juta on road wilayah Jakarta juga dapat diajak melintasi jalan yang bergunduk meski roda belakang tidak menapak tanah.

Toyota New Fortuner 4x4 GR 2.8 Sport adalah SUV tangguh yang memadukan kenyamanan, performa, dan kemampuan off-road yang luar biasa. Dengan desain yang menarik, fitur yang lengkap, dan mesin yang bertenaga, mobil ini dapat menemani petualangan di berbagai medan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement