Rabu 05 Jun 2024 07:20 WIB

Berangkat ke Singapura, Airlangga Bakal Bertemu Menteri Perdagangan AS

Airlangga dijadwalkan akan bertemu dengan US Secretary of Commerce.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.
Foto: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat P
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto tiba di Singapura, Selasa (4/6/2024) untuk menghadiri rangkaian acara Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF), IPEF Clean Economy Investor Forum (CEIF), dan The 6th Bilateral Economic Working Groups (EWG) Ministerial Meeting, yang akan berlangsung di Marina Bay Sands Singapura mulai tanggal 5–8 Juni 2024.

Pertemuan IPEF Ministerial Meeting kali ini akan membahas tindak lanjut Pilar II (Supply Chain), serta penandatanganan Pilar III (Clean Economy), Pilar IV (Fair Economy), dan Overarching Agreement. Bersamaan dengan agenda IPEF Ministerial Meeting, juga diagendakan beberapa pertemuan bilateral dengan para menteri dari beberapa negara anggota IPEF.

Baca Juga

Mengawali agenda pertemuan bilateral, Menko Airlangga dijadwalkan akan bertemu dengan US Secretary of Commerce Gina Raimondo pada Rabu 5 Juni 2024 di Fullerton Hotel, yang akan membahas tindak lanjut Pilar II (Supply Chain) berupa proses ratifikasi di masing-masing negara anggota IPEF.

Selain itu, Menko Airlangga juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dan penandatanganan MoU terkait Implementasi Article 6 pada Paris Agreement dengan Menteri Perdagangan Korea Selatan. Selain itu juga akan dilakukan pertemuan bilateral dengan State Minister of Japan Tsuji Kiyoto.

 

Pada rangkaian acara IPEF Ministerial Meeting ini, Menko Airlangga juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan juga telah dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong, Deputi Perdana Menteri Singapura Gan Kim Yong, dan jajaran pemerintahan Singapura lainnya.

Di sela-sela Ministerial Meeting IPEF, Menko Airlangga juga akan menjadi panelis dalam acara Sustainable Infrastructure Dialogue pada Clean Economy Investor Forum (CEIF). Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga direncanakan akan memaparkan kebijakan Indonesia dalam menjalankan sustainable infrastructure.

Hadir mendampingi Menko Airlangga selama acara IPEF Ministerial Meeting di Singapura, Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso bersama Tim Ahli dan jajaran pejabat Kemenko Perekonomian. Kehadiran Menko Airlangga pada acara ini diharapkan akan dapat mendorong peran penting Indonesia dalam IPEF, dan peran kunci Indonesia dalam kerja sama regional di Kawasan Indo Pasifik, yang akan memberikan manfaat nyata dalam mendorong peningkatan ekonomi Indonesia.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement