Ahad 19 Nov 2023 21:40 WIB

Ragam Upaya Grup MIND ID Wujudkan Kesehatan Masyarakat Sekitar Tambang

Grup MIND ID, PTBA gandeng Kimia Farma dalam distribusi farmasi, apotek dan klinik

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar tambang. Komitmen ini diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Kimia Farma Tbk (KAEF).
Foto: dok MIND ID
BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar tambang. Komitmen ini diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Kimia Farma Tbk (KAEF).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID berkomitmen untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat sekitar tambang. Komitmen ini diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) kerjasama Grup MIND ID PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Kimia Farma Tbk (KAEF).

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan oleh Direktur Utama (Dirut) PTBA Arsal Ismail dan Dirut PT KAEF David Utama di Jakarta, Kamis (09/11/2023). PTBA melalui PT Bukit Multi Investasi (BMI) memiliki afiliasi yang bergerak di bidang layanan kesehatan, yaitu PT Bukit Asam Medika (PT BAM) selaku pengelola rumah sakit dan apotek di wilayah operasional PTBA.

Sedangkan KAEF yang bergerak di bidang healthcare terintegrasi dari hulu ke hilir meliputi manufaktur farmasi, distributor produk kesehatan, apotek, klinik kesehatan, hingga laboratorium medis. Kerja sama ini merupakan bentuk sinergi BUMN dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Sekretaris Perusahaan MIND ID Heri Yusuf mengatakan, kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasional Grup MIND ID.

 

“Kerja sama Grup MIND ID ini merupakan langkah positif dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia, terutama diwilayah operasional perusahaan,” ucap Heri.

Menurut Heri Yusuf, kedua perusahaan memiliki komitmen untuk memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Ia juga berharap kerjasama anggota MIND ID ini dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan sinergi yang positif.

Potensi sinergi yang dijajaki meliputi kerja sama terkait instalasi dan distribusi farmasi serta kerja sama terkait apotek dan klinik. Di samping itu, kedua belah pihak juga menyepakati adanya potensi kerja sama terkait alat kesehatan dan laboratorium.

Sebelumnya, Grup MIND ID PTBA juga bekerja sama dengan RS Bukit Asam Medika (RS BAM) untuk memberikan pengobatan gratis dalam program TJSL perusahaan sebagai salah satu bentuk kepedulian PTBA terhadap kesehatan masyarakat. Pengobatan gratis dilaksanakan dalam Wilayah Ring 1 PTBA.

PTBA dan RS BAM juga menggelar kegiatan Eye Clinic Go to School pada Febuari 2023 lalu. Kegiatan ini meliputi pemeriksaan virus mata serta konsultasi bagi siswa dan siswi sekolah dasar (SD).

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran akan kesehatan mata sekaligus mendukung kelancaran proses belajar bagi siswa-siswi tingkat sekolah dasar, khususnya di Kecamatan Lawang Kidul. Grup MIND ID akan terus berkomitmen untuk mewujudkan kesehatan masyarakat sekitar tambang sebagai bagian dari tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

 

Sekilas MIND ID

BUMN Holding Industri Pertambangan MIND ID (Mining Industry Indonesia) melalui entitas PT Mineral Industri Indonesia (Persero) memiliki mayoritas saham pada empat perusahaan industri tambang terbesar di Indonesia; PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk, dan PT Freeport Indonesia.

MIND ID terus membangun ekosistem pertambangan berkelanjutan, menjadi pelopor Program Dekarbonisasi, sekaligus ujung tombak Hilirisasi Produk Pertambangan.

MIND ID mengelola sumber daya alam untuk peradaban, kemakmuran, dan masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement