Kamis 16 Mar 2023 16:59 WIB

Daimler Truck Hadirkan Dua Mercedes-Benz Standar Euro 5 di Indonesia

Kehadiran truk Mercedes-Benz untuk menduung komitmen menuju nol emisi karbon.

FILE - Bintang-bintang Mercedes, dipajang di pabrik Daimler-Benz di Sindelfingen, Jerman selatan, 1 Februari 2011. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan dua truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs berstandar Euro 5 di Indonesia.
Foto: AP/Michael Latz/dapd
FILE - Bintang-bintang Mercedes, dipajang di pabrik Daimler-Benz di Sindelfingen, Jerman selatan, 1 Februari 2011. Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan dua truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs berstandar Euro 5 di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan dua truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs berstandar Euro 5 di Indonesia. Presiden Direktur DCVI Naeem Hassim mengatakan bahwa perkenalan unit truk Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 dilakukan untuk menjawab tantangan global terkait komitmen Indonesia menuju Net Zero Emission (nol emisi karbon) pada tahun 2060.

"Produk ini merupakan kelanjutan komitmen DCVI dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam menurunkan emisi gas buang. Kami telah menunjukkan komitmen sejak tahun lalu melalui Mercedes-Benz Truck Axor Euro 4," kata Naeem saat acara di Tangerang, Banten, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga

Truk seri Euro 5 itu membawa tiga mesin baru yang ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar. Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 membawa DNA yang sama dengan pendahulunya Euro 3, dengan inovasi baru melalui Heavy Duty Engine Platform yang berfokus pada efisiensi bahan bakar.

Tidak hanya itu, keunggulan utama dari truk Mercedes-Benz tersebut di antaranya adalah handal, tangguh, dan efisien pada kelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Produk dan Pemasaran DCVI Faustina menyebut bahwa efisiensi bahan bakar yang telah diujicoba di Eropa mencapai 9 persen.

"Kendaraan Euro 5 dan Euro 6 sudah menjadi standar di Eropa saat ini. Data menunjukkan efisiensi bahan bakar mulai 4 hingga 9 persen di Jerman," kata Faustina.

Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 hadir dengan tiga opsi mesin yakni OM 470 generasi kedua dengan kapasitas 10.7 liter, OM 471 generasi kedua dengan kapasitas 12.8 liter, dan mesin OM 473 dengan kapasitas terbesar mencapai 15,6 liter.

Fitur terbaru yang disematkan antara lain berupa mesin dengan 2nd Generation X-Pulse untuk bahan bakar yang lebih efisien, fitur Variably Controllable EGR Flap untuk pencapaian power optimal, dan Mercedes Powershift 3 (MPS3) dengan 12 dan 16 transmisi otomatis.

Tidak hanya itu, fitur bawaan yang mengutamakan keselamatan dan kenyamanan bagi pengemudi terdapat pada Three Steps High Performance Engine Brake.

Faustina menambahkan fasilitas yang diberikan oleh DCVI kepada para pelanggan Mercedes-Benz melalui penggunaan unit ini adalah garansi Overall Vehicle untuk 12 Bulan tanpa batasan kilometer, garansi Powertrain sampai 24 bulan atau 200.000 kilometer, dan juga garansi suku cadang. selama 12 bulan tanpa batasan kilometer.

"Saat ini Mercedes-Benz Actros dan Arocs Euro 5 sudah dapat dipesan di diler resmi DCVI. AdBlue sebagai cairan katalisator untuk pembakaran emisi yang lebih baik tersedia juga di seluruh jaringan diler resmi," kata Faustina.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement