REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Daihatsu kembali meramaikan Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025 di ICE BSD, Tangerang, dengan membawa tema “Bahagia Sejak Pertama – Karena Kamu Ada”. Tema ini menggambarkan upaya Daihatsu untuk mempertahankan kedekatan dengan masyarakat dan menjadi bagian dari berbagai aktivitas mobilitas di Indonesia, terutama menjelang akhir tahun.
Marketing and Corporate Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Sri Agung Handayani, menegaskan bahwa Daihatsu terus berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan dari berbagai daerah, mulai kota besar hingga wilayah terpencil. Ia menyebut perjalanan positif hingga Oktober 2025 menjadi pijakan penting bagi Daihatsu yang telah berada di posisi dua pasar otomotif nasional selama hampir 17 tahun.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang menjadikan Daihatsu sebagai pilihan bagi para pembeli pertama, pelaku usaha pemula, mulai dari area urban hingga di rural dan remote area, serta terbukti dipilih oleh lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia, sekaligus memberdayakan perekonomian sampai ke daerah terpencil. Kami ada bukan hanya di kota besar, tapi juga di seluruh pelosok Indonesia,” kata dia.
Di pameran GJAW, Daihatsu menampilkan enam unit display dan satu Technology Exhibit. Model-model yang dipamerkan meliputi Rocky Hybrid termasuk dua versi dress-up, Terios Dress Up Alto Style, serta dua unit Sigra dan Gran Max yang dihadirkan sebagai kendaraan gamification. Pengunjung juga dapat melihat langsung teknologi e-Smart Hybrid melalui unit khusus yang disiapkan sebagai sarana edukasi.
Selain area display, Daihatsu menyediakan beragam aktivitas interaktif, mulai dari permainan berhadiah hingga fasilitas test drive untuk Rocky Hybrid. Pengunjung dapat merasakan langsung karakter berkendara mobil hybrid terbaru Daihatsu tersebut, termasuk performa motor listrik yang menjadi sumber penggerak utama.
Daihatsu juga menawarkan program penjualan khusus selama pameran. Konsumen yang memesan Rocky Hybrid memperoleh paket perawatan berkala gratis hingga 40.000 km atau dua tahun. Momentum GJAW juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan program DAIFEST, yang memberikan kesempatan mendapatkan berbagai hadiah, termasuk grand prize sembilan unit mobil Daihatsu.
Di sela pameran, Daihatsu menyerahkan tiga unit pertama Rocky Hybrid kepada konsumen sebagai bentuk apresiasi atas antusiasme sejak peluncuran perdananya pada Juli 2025. Seremonial ini menjadi titik awal perjalanan Rocky Hybrid yang mengusung teknologi e-Smart Hybrid, di mana motor listrik menjadi penggerak utama sementara mesin bensin berfungsi sebagai generator pengisi daya.
Rocky Hybrid dibekali mesin 1.2L WA-VEX dan baterai 177,6 volt dengan kapasitas 0,74 kWh. Tenaga maksimum mencapai 106 PS dan torsi 170 Nm, membuatnya kompetitif di kelas SUV kompak. Daihatsu menonjolkan lima aspek utama, yakni efisiensi bahan bakar, emisi rendah, akselerasi responsif, fitur keselamatan lengkap, serta pengalaman berkendara yang lebih nyaman.
Dengan efisiensi hingga 34,8 km/l menurut uji JC08 Jepang dan emisi CO₂ 83 g/km, Rocky Hybrid ditawarkan pada harga Rp299,85 juta (OTR DKI Jakarta). Daihatsu berharap kombinasi teknologi baru, aktivitas pameran, serta program penjualan akhir tahun dapat memberikan nilai lebih bagi konsumen yang mencari kendaraan baru menjelang pergantian tahun.
Daihatsu di Indonesia menjadi pilihan utama di pasar otomotif dengan harga kendaraan hingga 300 juta rupiah dengan market share sebesar 34%. Selain itu, LCGC Daihatsu secara total untuk MPV dan Hatchback juga menempati urutan nomor 1 di segmen pasar LCGC di Indonesia share sebesar 38%.
Pada segmen komersial, Gran Max Series bahkan mengalami kenaikan penjualan yang signifikan dibandingkan tahun lalu dengan segmen share mencapai 65% di segmen commercial low. Sedangkan pada model Terios, SUV Medium dari Daihatsu ini juga menjadi pilihan favorit di segmen tersebut dengan harga hingga 300 juta yang mencapai shares sebesar 34%.