Sabtu 04 Mar 2023 22:33 WIB

BI Siapkan Dana Rp 12 Miliar untuk Ekspedisi Rupiah di Kepri

BI Kepulauan Riau menyiapkan dana Rp 12 miliar untuk program ERB.

Bank Indonesia (BI) bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali menghadirkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023.
Foto: Bank Indonesia
Bank Indonesia (BI) bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) kembali menghadirkan Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyiapkan dana Rp 12 miliar untuk program Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023 yang akan menyasar lima pulau di wilayah terdepan, terluar, dan terpencil (3T).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepri Suryono di Batam pada Sabtu (4/3/2023) mengatakan, pulau 3T yang akan dikunjungi di antaranya Pulau Tarempa di Kabupaten Anambas pada 5 Maret, Pulau Midai dan Pulau Subi Besar di Kabupaten Natuna pada 6-7 Maret, Pulau Tambelan Besar di Kabupaten Bintan pada 8 Maret, dan Pulau Singkep di Kabupaten Lingga pada 9 Maret.

Baca Juga

"Kegiatan ERB ini mulai dijalankan sejak 2011. Pada tahun ini, ERB akan diselenggarakan di 17 provinsi dan menyasar total 85 pulau, yang mana di Kepri kami akan mengunjungi lima pulau," kata Suryono.

Ia mengatakan, dalam menjalankan program ERB, BI bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut untuk menjalankan kegiatan sosialisasi Cinta, Bangga, dan Paham (CBP) rupiah, serta memberikan akses untuk penukaran uang rupiah kepada masyarakat pulau 3T.

"Selain itu, untuk memperkuat sekaligus memenuhi kebutuhan uang rupiah dalam jumlah yang cukup, baik dalam bentuk pecahan yang sesuai dan layak edar di masyarakat yang ada di pulau 3T," ujar dia.

Menurutnya, pulau terluar Kepri yang berbatasan dengan negara tetangga sangat berpengaruh terhadap perputaran rupiah. Dengan begitu, BI berupaya mengenalkan dan menguatkan kembali kecintaan terhadap rupiah dalam diri masyarakat sebagai bentuk menjaga kedaulatan negara.

"Rupiah itu adalah simbol kedaulatan NKRI, sehingga harus benar-benar dijaga. Semoga program ERB tahun ini bisa berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat di pulau," kata Suryono.

Laksamana Pertama TNI Kemas Muhammad Ikhwan Madani mendukung dan ikut bersinergi mempertahankan kedaulatan NKRI. Menurut dia, menjaga kedaulatan negara bukan hanya tugas TNI, tapi seluruh instansi lainnya.

"Ini menunjukkan upaya mempertahankan kedaulatan bukan hanya tugas TNI tetapi bisa juga melalui sinergi dengan instansi lain, seperti program ERB ini," ujar Kemas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement