Senin 05 Jul 2021 17:23 WIB

RNI Optimalkan Distribusi Pangan Daring Selama PPKM Darurat

RNi berencana menggandeng Inkoppas untuk memperluas distribusi pangan

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Foto aerial perkebunan teh di PTPN VI, Kayu Aro, Kerinci, Jambi. PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI meningkatkan distribusi pangan pokok secara daring dengan mengoptimalkan official marketplace dan bekerja sama beberapa kanal e-commerce agar kebutuhan pangan pokok untuk masyarakat selama PPKM darurat dapat terpenuhi.
Foto:

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki  RNI diminta berharap Induk Koperasi Pedagang Pasar beserta Pusat Koperasi Pedagang Pasar dan Koperasi Pedagang Pasar dapat terus hadir sebagai role model koperasi modern. Tidak hanya menyejahterakan seluruh stakeholders, namun juga mengeksplorasi pemanfaatan teknologi dalam upaya terus menyempurnakan proses bisnisnya. 

Teten menambahkan Inkoppas dapat merealisasikan programnya salah satunya optimalisasi jaringan distribusi pangan. Hal ini sangat berguna untuk menjaga stabilisasi harga barang pokok, salah satunya diupayakan koperasi melalui inisiasi kerja sama dengan pihak lain di antaranya BUMN Klaster Pangan maupun PT Mitra BUMDes Nusantara dalam hal penyediaan sumber bahan pokok yang kompetitif seperti telur ayam, beras, minyak goreng, gula, dan lainnya. 

"Hal ini memperpendek rantai perdagangan sehingga harga pangan di masyarakat terkendali," ujar Teten.

Dalam upaya mengembangkan koperasi pasar modern di tanah air serta menekan keberadaan praktik rentenir atau tengkulak pasar, Teten menegaskan pemerintah akan terus mendorong koperasi pasar untuk mengembangkan diri menjadi entitas bisnis pilihan. 

"Inkoppas didorong aktif dan bersinergi untuk meregulasi para pedagang pasar agar tidak mencari modal ke para rentenir atau tengkulak.Di samping itu juga, Inkoppas harus selalu peka terhadap isu terbaru, tren pasar, serta relevansi di zaman yang sangat dinamis ini," lanjut Teten.

 

Tetem juga memuji program digitalisasi pasar oleh Inkoppas yang telah mengembangkan core koperasi lengkap dan terintegrasi dengan sistem pembayaran untuk membantu konsumen dan pedagang berdagang secara nontunai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement