Ahad 06 Jun 2021 16:47 WIB

Usai Larangan Mudik, AP I Catat Peningkatan Penumpang

Trafik penumpang harian berada di atas 105 ribu pergerakan penumpang

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda
Seorang staf PT. Angkasa Pura I bandara El Tari Kupang berjalan di ruang tunggu bandara El Tari Kupang, NTT, Jumat (7/5/2021). Tak adanya pemudik yang bepergian melewati bandara tersebut dikarenakan sejumlah maskapai penerbangan yang melayani rute ke Kupang dihentikan untuk sementara waktu seiring adanya larangan mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19.
Foto:

AP I juga mencatat trafik penumpang tertinggi pada Mei 2021 di Bandara Sultan Hasasuddin Makassar yang sebesar 525.507 pergerakan penumpang. Sedangkan trafik penumpang tertinggi kedua terdapat di Bandara Juanda Surabaya sebesar 508.305 pergerakan penumpang dan trafik tertinggi ketiga terdapat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebesar 270.504 pergerakan penumpang.

Dia menilai, peniadaan mudik yang diterapkan pemerintah pada awal hingga pertengahan Mei 2021 berdampak kepada penurunan trafik penerbangan. Hal tersebut menurutnya menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam membatasi mobilitas masyarakat melalui pesawat udara untuk menekan potensi penyebaran Covid-19.

"Kami berharap agar destinasi pariwisata dapat mulai dibuka secara bertahap setelah masa libur Idul Fitri 2021, tentunya dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, sehingga dapat mendorong peningkatan trafik di bandara-bandara Angkasa Pura I," jelas Handy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement