Sabtu 30 Jan 2021 01:26 WIB

Sentimen Vaksin, IMF Proyeksi Ekonomi Global Tumbuh 5 Persen

Ekonomi global tumbuh 5,5 persen, lebih tinggi dari proyeksi sebelumnya 5,2 persen.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Friska Yolandha
Logo Dana Moneter Internasional (IMF) di luar kantor pusatnya di Washington, DC, AS, 14 Oktober 2020. Pertemuan tahunan IMF World Bank Group 2020 menjadi maya karena pandemi virus Corona.
Foto:

Pertumbuhan ekonomi akan terwujud dengan adanya dukungan dari pemerintah di negara masing-masing untuk mengimbangi kerusakan akibat pandemi. Dia pun memperingatkan ancaman bahwa mutasi virus corona dapat mengaburkan prospek kesehatan global dan pertumbuhan ekonomi ke depan.

Dalam pembaruan Outlook Ekonomi Dunia, IMF merilis bahwa proyeksi ekonomi Amerika Serikat akan tumbuh terbesar di dunia, yakni diproyeksi tumbuh 5,1 persen tahun ini setelah ambruk 3,4 persen pada tahun lalu. Pertumbuhan ekonomi kedua yang tertinggi dapat tumbuh dari China yang diperkirakan akan mencatat pertumbuhan 8,1 persen setelahnya. Yakni meningkat sebesar 2,3 persen jika dibandingkan di tahun 2020.

Adapun 19 negara Eropa yang berbagi mata uang euro akan secara kolektif mencatat pertumbuhan 4,2 persen tahun ini setelah melihat output ekonomi turun sebesar 7,2 persen pada 2020. Sedangkan Ekonomi Jepang diperkirakan bakal tumbuh 3,1 persen dan membalikkan penurunan 5,1 persen pada 2020.

 

IMF juga memberi proyeksi peningkatan besar ekonomi di India. Pertumbuhan ekonomi di India dapat berangsur memulih lebih cepat dari perkiraan di sektor industri manufaktur dan pertanian. Ekonomi India diperkirakan akan tumbuh sebesar 11,5 persen pada 2021, tercepat di antara negara-negara ekonomi utama, dan perubahan dari penurunan tahun 2020 sebesar 8 persen. Proyeksi IMF juga memperkirakan perdagangan global akan pulih tahun ini. IMF mencatat pertumbuhannya sebesar 8,1 persen setelah jatuh 9,6 persen di tahun lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement