Jumat 29 Jan 2021 12:52 WIB

Kemenperin: Ekonomi Sirkular Bisa Mendorong Subtitusi Impor

Konsep ekonomi sirkular juga berguna pada industri daur ulang.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nidia Zuraya
Salah satu cara mengatasi sampah dengan model ekonomi sirkular dimana sampah plastik akan diolah menjadi bahan baku.
Foto:

Eko mengungkapkan, potensi ekonomi sirkular di sektor industri elektronika, misalnya timbulan e-waste global pada 2016 sebesar 44,7 juta ton dan akan mencapai sebanyak 52,2 juta ton pada 2021. “Pada sampah elektronika, setidaknya terdapat 60 material berharga atas sampah barang elektronik kompleks, yang masih dapat didaur ulang dan digunakan kembali (memiliki nilai ekonomi),” jelas dia. 

Sementara pada industri tekstil, potongan kain dan sisa benang dapat didaur ulang menjadi serat tekstil yang dapat dipintal guna perajutan atau menjadi benang open end, benang ukuran besar, dan mop yarn. Sedangkan, potensi ekonomi sirkular di industri logam, yakni aluminium yang merupakan logam secara tidak terbatas dapat diproduksi dalam siklus daur ulang yang berulang. Saat ini, permintaan scrap aluminium di Indonesia sebesar 18 ribu ton per bulan.

Eko menambahkan, konsep ekonomi sirkular juga berguna pada industri daur ulang. Di antaranya demi memenuhi kebutuhan bahan baku bagi sektor manufaktur dan menekan impor bahan baku. Potensi industri daur ulang plastik misalnya, memiliki kapasitas 1 juta ton per tahun dan menyerap tenaga kerja sebanyak 20.000 orang.

Selain itu, terdapat juga potensi di industri daur ulang kertas dari 48 perusahaan, dengan total kapasitas produksi mencapai 8,2 juta ton dan menyerap tenaga kerja sebanyak 125 ribu orang. “Total kebutuhan kertas daur ulang sebesar 6,4 juta ton, di mana 50 persennya dipenuhi dari dalam negeri,” tuturnya. 

Kemudian bagi industri daur ulang tekstil, saat ini terdapat sembilan perusahaan berkapasitas sebesar 113 ribu ton per tahun yang menggunakan bahan baku daur ulang sebanyak 76,7 ribu ton, dengan 36 persennya berasal dari impor. Kini utilisisasi produksinya mencapai 70 persen dan total jumlah tenaga kerja sebanyak 3.529 orang.

“Untuk potensi industri daur ulang besi baja, saat ini ada 60 perusahaan yang menggunakan bahan baku sebagian besar impor (70 sampai 90 persen) daur ulang (skrap) berkapasitas 9 juta ton per tahun. Utilitas produksi saat ini hanya 40 persen sehingga membutuhkan bahan baku daur ulang sebanyak 4 juta ton per tahun,” jelas Eko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement