Jumat 05 Jul 2019 16:31 WIB

DPR Desak Pemerintah Selesaikan Soal Penurunan Tiket Pesawat

Pengumuman kepada masyarakat tertunda lagi hingga Senin (8/7).

Rep: Ali Mansur/ Red: Andi Nur Aminah
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen Senayan.
Foto: Republika/Arif Satrio Nugroho
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen Senayan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyoroti belum usainya pembahasan penurunan harga tiket pesawat untuk kategori maskapai berbiaya rendah (low cost carrier/LCC). Akibatnya pengumuman kepada masyarakat pun tertunda hingga Senin (8/7).

"Mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan instansi terkait untuk berkomitmen segera menyelesaikan pembahasan yang belum selesai tersebut. Serta memastikan agar pengumuman tersebut tidak ditunda lagi," ujar Bamsoet dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/7).

Baca Juga

Sehingga, kata Bamsoet, masyarakat maupun pihak maskapai penerbangan dapat menemukan titik tengah yang bersifat win win solution. Hal itu untuk menumbuhkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap dunia penerbangan. Mengingat tingginya harga tiket pesawat menambah lesunya berbagai sektor, terutama pariwisata.

"Diharapkan penurunan tarif maskapai dapat mendongkrak kembali industri pariwisata di sejumlah daerah," tambah politikus Partai Golkar tersebut.

Selain itu, lanjut Bamsoet, DPR RI juga mendorong Kemenhub untuk dapat segera mengimplementasikan penurunan harga tiket pesawat untuk kategori LCC. Sehingga dapat menggairahkan kembali sektor transportasi udara dengan tetap memperhatikan keamanan dan kenyamanan penumpang.

"Mendorong Kemenhub melalui Dirjen Perhubungan Udara meminta pihak maskapai untuk meningkatkan pelayanan maupun kenyamanan penerbangan sesuai dengan standar penerbangan yang berlaku," kata Bamsoet. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement