Senin 11 Apr 2016 16:13 WIB

Darmin: Kesenjangan Pendapatan karena Industri Manufaktur Minim

Rep: Debbie Sutrisno/ Red: Nur Aini
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Foto: Republika.co.id
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- ‎ Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pekonomian Darmin Nasution mengatakan, dari data yang dia peroleh, kesenjangan pendapatan di Indonesia sebenarnya mengalami perbaikan. Tingkat kesenjangan di Indonesia kecenderungannya menurun.

Darmin menjelaskan, kesenjangan yang terjadi di negara maju lebih banyak dipengaruhi oleh peranan di sektor keuangan. Namun, di Indonesia, kesenjangan karena sektor keuangan ini tidak dominan.

‎"Kita memang belum berhasil mengembangkan sektor industri manufaktur yang bisa menyerap tambahan tenaga kerja dengan gaji yang lumayan baik. Ini berpengaruh," ujar Darmin, di Jakarta, Senin (11/4).

Menurut dia, ‎selama ini Pemerintah Indonesia belum mampu menyelesaikan dan mengembangkan sektor industri manufaktur. Salah satu penyebabnya adalah infrastruktur yang belum memadai. Dengan program pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur diharapkan akan berdampak pada pengembangan industri manufaktur.

Apalagi, kata dia, manufaktur adalah sektor industri yang produktivitasnya relatif tinggi. Pendapatan bagi para pekerjanya pun akan lebih dari industri padat karya yang selama ini menjadi andalan pemerintah.

Di sisi lain, Darmin menyebut bahwa perkembangan ekonomi digital diprediksi akan semakin menjaga kesenjangan tidak terlampau jauh. Apalagi banyak masyarakat kini mampu menggunakan teknologi aplikasi yang mendorong mereka mendapatkan penghasilan lebih.

"Kita memang belum tahu persis dampak akhirnya (ekonomi digital) gimana. Tapi, apa pun juga, manufaktur adalah kuncinya," kata Darmin.

Baca juga: Bank Dunia Sarankan Kebijakan Fiskal Kurangi Ketimpangan Pendapatan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement