Senin 15 Sep 2014 12:34 WIB

Pemerintah Siapkan Fasilitas Khusus Investor Sagu

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Ichsan Emerald Alamsyah
Buruh angkut memanggul tepung ke sebuah truk saat bongkar muat tepung sagu di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/4).
Foto: Antara/Dedhez Anggara
Buruh angkut memanggul tepung ke sebuah truk saat bongkar muat tepung sagu di Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat, Selasa (3/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah berjanji akan memberikan kemudahan fasilitas bagi industri sagu. Karena Indonesia adalah penghasil terbesar bahkan lebih dari 50 persen dari produksi sagu dunia.

Menteri Pertanian Indonesia, Suswono mengatakan, potensi sagu sangatlah luar biasa. Dia menjelaskan, Indonesia merupakan penghasil sagu terbesar di dunia.

Potensi sagu Indonesia seluas 1,4 juta hektare area (ha). Ternyata, potensi sagu Indonesia mencapai lebih dari 50 persen potensi pertanian sagu dunia yang hanya 2,2 juta ha.

“Kami bahkan sudah melakukan pengecekan dan tanaman sagu sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan pangan alternatif dan bahan baku bioenergi,” katanya, Senin (15/9).

Pihaknya berjanji mengupayakan perbaikan akses infrastruktur penanaman sagu. Selain itu, rancangan pengembangan sagu akan dibicarakan dalam rapat intensif dengan lintas kementerian terkait, termasuk Kementerian Koordinator Perekonomian.

Namun demikian, Kementan berharap adanya dukungan industri maupun perusahaan yang mengembangkan komoditas ini. Untuk itu, Suswono menyambut baik perusahaan yang mau berinvestasi kembangkan sagu.

Untuk menstimulus supaya investasi sagu besar, dia melanjutkan, pihaknya akan melindungi pelaku usaha yang berinvestasi mengembangkan sagu karena mereka telah memberikan kontribusi bagi pembangunan Indonesia.

“Pemerintah akan memfasilitasi, termasuk kepastian usaha dan fasilitas pajak, misalnya tax holiday atau sejenisnya,” ujarnya.

Hal yang terpenting, kata dia, pengusaha atau investor ini dapat duduk bersama dengan pemerintah untuk berbicara kira-kira investasi apa yang bisa didorong. Terutama pemanfaatan potensi sagu sehingga dapat tumbuh dan berkembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement