Selasa 25 May 2010 04:31 WIB

Menteri Keuangan Butuh Satu Bulan Cari Pengganti Anggito

Rep: thr/ Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Keuangan Agus DW Martowardojo mengaku belum dapat menentukan pengganti definitif Kepala Badan Kebijakan Fiskal Anggito Abimanyu. Penentuan nama itu diperkirakan membutuhkan waktu selama satu bulan. "Satu bulan, soalnya kan ada kriteria tertentu," ujar Agus, di Kantor Pajak, Senin (24/5).

Lagipula, tambah Agus, posisi Kepala BKF sangat strategis. Karena Kementerian Keuangan membutuhkan orang yang memiliki kemampuan dalam menetapkan suatu kebijakan penting. Tidak hanya itu, orang tersebut juga mengerti bagaimana berhubungan dengan parlemen. "Dia pasti ada kualifikasi khusus. Perlu waktu untuk nyari itu. sehingga kita masih perlu untuk mendiskusikannya," kata dia.

Selama satu bulan waktu memilih Kepala BKF baru, Agus mengatakan sistem di BKF harus tetap berjalan. Selama kepastian itu pula, BKF akan dipimpin sementara oleh Pelaksana Tugas (Plt).

''Posisinya tetap ada yang memimpin. Nanti kita bikin sistemnya, ada nanti yang namanya Plt,'' kata Agus.

Namun Agus belum berkenan menyebutkan siapa Plt Kepala BKF yang akan dipilihnya. Publik pun diminta sabar menunggu hingga satu bulan ke depan. ''Nanti diperkirakan yang final satu bulan itu. Sementara pekerjaannya sementara ditangani Plt,'' kata Agus.

Sementara itu Kepala Badan Kebijakan Fiskal (mengundurkan diri) Anggito Abimanyu mengatakan, dirinya sudah mengusulkan nama Plt di BKF. Nama itu diusulkan dari internal. Namun jika sudah definifit pengganti dirinya bisa dari Internal Kementerian Keuangan ataupun dari luar. "Cari yang pantas karena BKF ini fungsinya untuk mensuport Menteri Keuangan," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement