Kamis 03 Oct 2024 10:51 WIB

24 Tahun Biznet Membangun Infrastruktur Digital Masa Depan

Biznet tetap terus melanjutkan inovasinya dalam membangun infrastruktur digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat pada 1 Oktober 2024, Biznet merayakan hari jadinya yang ke-24. Di usia yang semakin dewasa, Biznet tetap terus melanjutkan inovasinya dalam membangun infrastruktur digital untuk masa depan yang lebih baik.

Dengan perjalanan lebih dari dua dekade di industri teknologi dan telekomunikasi, Biznet telah menghadirkan infrastruktur digital terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan digital masyarakat Indonesia yang terus meningkat di tengah perkembangan teknologi yang juga semakin pesat. Sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, Biznet terus melakukan inovasi, dimana saat menginjak usia yang baru, Biznet berhasil mengoperasikan kabel bawah laut pertamanya yang diberi nama Biznet Nusantara Cable System-1 (BNCS-1), menghubungkan jaringan Pulau Jawa dan Sumatra serta Bangka, membawa pilihan layanan Internet baru yang lebih berkualitas bagi masyarakat.

Baca Juga

Bertepatan dengan itu, President Director Biznet, Adi Kusma mengungkapkan, mengawali perjalanan di 2000 dengan mimpi untuk dapat mengurangi kesenjangan digital di Indonesia. Apalagi kita semua sekarang telah sampai di era dimana semuanya harus serba online untuk menjadi lebih efisien. Karena itu, di usia yang cukup matang ini yaitu 24 tahun, Biznet terus berupaya bagaimana beragam inovasi yang kami hadirkan dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mendapatkan akses Internet yang sama untuk dapat mengembangkan dirinya hingga ke masa depan.

"Salah satu yang kami hadirkan adalah kabel bawah laut kami yaitu BNCS-1 yang membawa harapan untuk membuat lebih banyak masyarakat Indonesia dapat terkoneksi dan memanfaatkan Internet untuk hal yang positif,” ujarnya.

BNCS-1 sendiri telah diluncurkan secara resmi oleh Biznet pada Juni 2024, sebagai salah satu upaya mewujudkan visi perusahaan untuk dapat mengurangi kesenjangan digital dengan pemerataan akses koneksi Internet yang mampu mendukung transformasi digital. Peluncuran ini menandakan telah terhubungnya jaringan Biznet Fiber antar Pulau Jawa, Sumatra dan Bangka.

Pembangunan infrastruktur kabel fiber optic bawah laut pertama milik Biznet ini tentunya dapat menyamaratakan kualitas Internet di Pulau Sumatra dengan di Pulau Jawa, dimana Biznet sudah bisa menghadirkan bandwidth yang lebih besar hingga 300 Mbps untuk layanan Biznet Home, Internet untuk perumahan dan apartemen, dan hingga 900 Mbps untuk layanan Biznet Metronet, layanan untuk segmen UKM.

Ini memberikan kesempatan masyarakat di wilayah Sumatra untuk merasakan Internet yang lebih cepat dan andal dari Biznet. Tidak sampai di situ, upaya melakukan pemerataan akses Internet di seluruh Indonesia pun akan terus dilakukan dimana Biznet juga akan segera melanjutkan pembangunan jaringan kabel fiber optik bawah laut kembali melalui Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2).

Pembangunan jaringan kabel bawah laut atau Biznet Submarine Cable Network ini juga dibarengi dengan proses perluasan jaringan Biznet ke lebih banyak area di Indonesia, dengan harapan dapat menjadi solusi dalam menghubungkan jaringan Biznet Fiber antarpulau dan dunia. Perluasan jaringan memang selalu menjadi fokus utama Biznet sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia.

Hingga menginjak usia ke 24 tahun, Biznet telah berhasil menggelar jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100 ribu kilometer dengan lebih dari 3 juta homepass yang tersebar di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Flores dan Timor. “Selain pembangunan kabel bawah laut, kami juga fokus untuk melebarkan lagi jaringan kami ke lebih banyak wilayah di Indonesia. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa Internet dan infrastruktur digital yang handal inilah yang saat ini dibutuhkan masyarakat Indonesia untuk mampu bersaing dan bertahan di era digital saat ini,” ujar Adi.

Selain fokus pada ekspansi jaringan, Biznet juga tidak lupa untuk tetap meningkatkan kualitas layanan yang dapat menjawab segala kebutuhan digital pelanggan. Sesuai data survei yang dikeluarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) tahun 2024, dikatakan bahwa sekitar 59,35 persen tingkat kepuasan masyarakat Indonesia terhadap penyedia layanan Internet tetap atau fixed broadband Internet adalah pada aspek kecepatan dan kestabilan, dan 30,57 persen pada aspek harga dan promo yang diberikan provider atau penyedia layanan.

Hal ini membuktikan masyarakat saat ini sudah cukup mengerti akan kebutuhannya, karena itu, Biznet pun terus berupaya memberikan jawaban atas kebutuhan tersebut dengan menghadirkan layanan yang didukung oleh teknologi terkini yang lebih handal, yang mampu menghadirkan Internet dengan kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar dan membuat layanan Biznet menjadi lebih cepat dan stabil dalam kondisi apapun.

Pada usia 24 tahun ini pun Biznet juga akan menghadirkan inovasi dalam mengakomodasi kebutuhan pelanggan melalui kolaborasi dengan PT AEON Credit Service Indonesia (AEON) untuk meluncurkan Co-Branding Credit Card di kuartal ke-4 2024 dimana dengan kolaborasi ini, Biznet menjadi ISP (Internet Service Provider) pertama yang menjadi partner co-brand Kartu Kredit di Indonesia. Melalui kerja sama ini, Biznet dan AEON meyakini dapat memperluas layanan kedua belah pihak dan memberikan kemudahan pembayaran bagi pelanggan Biznet dengan keuntungan menarik yang ditawarkan melalui Kartu Kredit Biznet.

Selain itu, dengan coverage area di lebih dari 180 kota, Biznet juga memahami kebutuhan dan daya beli masyarakat Indonesia, khususnya di second dan third cities, yaitu dengan menghadirkan layanan yang lebih terjangkau bagi masyarakat dengan penurunan harga layanan untuk segmen retail sebesar 30 persen di beberapa kota/kabupaten di Indonesia. Tidak hanya itu, Biznet melalui layanan untuk segmen bisnis UKM/startup yaitu Biznet Metronet juga menghadirkan layanan terbaru dengan kapasitas bandwidth yang lebih besar namun dengan harga yang tetap sama.

Adi menambahkan, melihat internet yang cepat dan stabil memang sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat saat ini. "Karena itu sebagai perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia, kami menyediakan layanan yang beragam yang dapat dipilih sesuai kebutuhan masyarakat masing-masing, tentunya dengan kualitas unggulan yaitu bandwidth yang besar, upload download simetris dan terjangkau bagi masyarakat,” katanya.

Sebagai salah satu bentuk apresiasi Biznet untuk pelanggan setianya, Biznet memberikan promo spesial khusus di momen hari jadi Biznet yaitu bonus upgrade bandwidth 150 Mbps untuk seluruh pelanggan Biznet Home. Biznet berharap segala bentuk promo yang dihadirkan ini dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk dapat merasakan pengalaman ber-Internet terbaik dengan kapasitas bandwidth besar, yang tentunya juga dapat menjawab kebutuhan masyarakat saat ini.

“Di momen ini, tentu kami juga ingin mengapresiasi seluruh pelanggan kami salah satunya dengan memberikan promo spesial yaitu menambah kapasitas bandwidth 150 Mbps secara gratis untuk layanan Biznet Home. Kami berharap program promo ini bisa memberikan manfaat bagi seluruh pelanggan kami. Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk saya, mewakili keluarga besar Biznet, mengucapkan terima kasih atas dukungan untuk Biznet, baik dari pelanggan, rekan bisnis hingga rekan media di Indonesia. Karena kami percaya bahwa Biznet bisa sampai di usia ini berkat dukungan dan kepercayaan dari semua pihak. Dan dengan hal ini, Biznet dan seluruh karyawan di dalamnya akan terus termotivasi untuk berinovasi menghadirkan layanan yang lebih baik lagi sehingga apa yang kita berikan kepada masyarakat adalah apa yang memang menjadi kebutuhan masyarakat itu sendiri, sehingga dapat terus bermanfaat hingga ke masa depan,” ujar Adi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement