Jumat 09 Aug 2024 00:24 WIB

Mobil Jepang Kehilangan Pangsa Pasar di China dan Thailand, Merembet ke Indonesia?

Penjualan berapa merek mobil Jepang di Thailand menurun tergusur mobil China.

Pengunjung memadati booth BYD dalam ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tengerang, Banten, Kamis (18/7/2024).
Foto: Republika/Prayogi
Pengunjung memadati booth BYD dalam ajang Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2024 di ICE BSD, Tengerang, Banten, Kamis (18/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Produsen mobil Jepang tengah memikirkan kembali strategi mereka di China dan Thailand setelah penjualan turun dua digit di negara tersebut pada periode April-Juni, dengan konsumen di pasar-pasar utama tersebut dan sekitarnya semakin beralih ke kendaraan listrik.

Hal itu terjadi pada saat investor tengah mencermati kinerja perusahaan-perusahaan terkemuka ini karena penguatan yen baru-baru ini mengancam akan menggerogoti keuntungan nilai tukar mereka dan menekan laba.

Baca Juga

Produsen mobil besar Jepang seperti Toyota Motor dan Honda Motor menargetkan meningkatkan pendapatan mereka di Asia selama kuartal yang berakhir pada bulan Juni, dibantu oleh angin segar dari pelemahan yen selama periode tersebut.

Pendapatan Toyota di kawasan Asia mencapai 2,2 triliun yen (15 miliar dolar AS), naik 14 persen dari waktu yang sama tahun lalu, sementara pendapatan operasionalnya meningkat 32 persen menjadi 245 miliar yen. Pendapatan Honda di Asia mencapai 990 miliar yen, naik 4,4 persen, meskipun penjualan mobil roda empat turun 23 persen menjadi 264.000 unit.

Meskipun tren penjualan bervariasi dari satu pasar ke pasar lainnya, terdapat tanda-tanda yang sangat jelas tentang kemerosotan di China dan Thailand.

Honda melaporkan pada Rabu (7/8/2024) bahwa mereka menjual 209.000 mobil di China dalam tiga bulan hingga Juni, turun 32 persen dari tahun sebelumnya. Mengingat hal itu, perusahaan kini menargetkan untuk menjual 3,9 juta mobil di sana tahun fiskal ini -- 220.000 lebih sedikit dari perkiraan sebelumnya.

"Pasar untuk mobil bermesin pembakaran internal menurun sementara pasar 'kendaraan energi baru' meningkat dengan kecepatan yang tidak terduga," kata Kepala Keuangan Honda Eiji Fujimura dalam sebuah konferensi pers, menggunakan istilah di China yang mencakup EV, hibrida plug-in, dan kendaraan sel bahan bakar. "Perang harga juga membuat bisnis menjadi sangat sulit."

Pangsa pasar penjualan merek Jepang di China adalah 12,2 persen pada paruh pertama tahun 2024, sementara merek lokal memperoleh 62 persen, menurut firma riset MarkLines yang berbasis di Tokyo. Porsi Jepang turun drastis dari 21,3 persen sepanjang tahun 2019.

Di antara 10 model mobil baru teratas yang terjual pada bulan Juni di China, lima di antaranya berasal dari BYD China, dengan Nissan Motor menjadi satu-satunya merek Jepang yang tampil -- di posisi keenam.

"Permintaan untuk mobil bermesin pembakaran internal tetap tinggi ... tetapi kami tidak bisa optimis," kata Presiden Nissan Makoto Uchida pada konferensi pers Juli. Perusahaan itu membuat 169.000 kendaraan di China selama tiga bulan hingga Juni, turun 17 persen dari periode yang sama tahun lalu. Pada bulan Juni, perusahaan itu menutup pabrik yang menyumbang 8 persen dari kapasitas produksinya di negara itu.

"Kami membutuhkan kendaraan energi baru yang dikembangkan secara lokal untuk berkontribusi pada pertumbuhan kami," kata Uchida, mengacu pada empat model konsep yang dipamerkan Nissan di sebuah pameran mobil di Beijing pada bulan April.

Penjualan mobil baru Toyota di China untuk periode April-Juni, termasuk merek mewah Lexus, turun 18 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 411.000 kendaraan. "Kecepatan perluasan kendaraan energi baru tidak terduga," kata Masahiro Yamamoto, kepala bagian akuntansi Toyota. "Untuk bertahan dalam periode [perubahan cepat] ini, kami harus mengeluarkan banyak biaya untuk mempromosikan penjualan dan mendukung diler."

Masatoshi Nishimoto, yang memimpin penelitian dan analisis strategi produksi dan pengembangan produsen mobil Jepang di S&P Global Mobility, mengatakan merek-merek China melaju lebih cepat di pasar domestik karena mereka dapat membuat EV berbiaya rendah menggunakan baterai yang diproduksi secara lokal, memenuhi preferensi konsumen China untuk mobil yang sangat digital, dan meluncurkan model baru dengan cepat.

"Produsen mobil Jepang tidak selalu kalah dengan rekan-rekan mereka di China, tetapi mereka dirugikan," kata Nishimoto. Menyesuaikan kapasitas produksi dan memperkuat kerja sama dengan mitra lokal akan membantu memangkas biaya pengembangan di China, tambahnya.

“Perusahaan kemudian dapat membelanjakan dana surplus di pasar-pasar utama lainnya seperti AS dan India, di mana ketegangan geopolitik menghalangi produsen mobil China untuk masuk dan memberi merek-merek Jepang keunggulan,” kata Nishimoto.

Perusahaan mobil China juga menantang produsen mobil Jepang di Thailand, di mana pasar kendaraan listrik sedang berkembang dan EV China menguasai pangsa pasar dengan bantuan subsidi dari pemerintah Thailand.

Di antara 10 pemain pasar utama di Thailand, Toyota memegang pangsa teratas sebesar 38 persen dalam enam bulan hingga Juni tetapi menjual mobil 15 persen lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut MarkLines. Penjualan Honda, Nissan, dan empat merek Jepang lainnya juga menurun. Penjualan membaik hanya milik BYD China, meningkat 32 persen dari paruh pertama tahun 2023.

Honda mengumumkan pada bulan Juli bahwa mereka akan menggabungkan dua basis produksinya di Thailand menjadi satu pada tahun 2025. Suzuki Motor juga mengatakan pada bulan Juni bahwa mereka akan berhenti membuat mobil di negara tersebut.

Langkah-langkah tersebut dapat dimengerti karena perusahaan Jepang tidak memproduksi EV kecil yang populer di Thailand, menurut Nishimoto. "Produsen mobil Jepang kemungkinan akan menunggu selama satu atau dua tahun lagi untuk melihat apakah pertumbuhan pasar EV Thailand baru-baru ini akan bertahan, dan sementara itu merek China kemungkinan akan tetap kuat."

Perampingan operasi menjadi semakin penting karena lonjakan yen selama seminggu terakhir mengancam keuntungan transaksi. Yen yang lebih lemah dari perkiraan umumnya meningkatkan kinerja keuangan produsen mobil Jepang karena laba luar negeri mereka yang diperoleh dalam mata uang asing menjadi lebih besar ketika dikonversi ke yen.

Investor terpaksa membuang harapan bahwa yen yang lemah akan terus meningkatkan laba produsen mobil.

"Pendapatan produsen mobil Jepang untuk kuartal ini sangat terbantu oleh yen yang lemah, tetapi itu tidak akan terjadi mulai kuartal berikutnya dan seterusnya," kata Koji Endo, direktur pelaksana di SBI Securities. "Fokusnya kemudian adalah apakah mereka dapat mengimbangi kerugian itu dengan berhasil di pasar seperti AS dan India."

Sementara itu untuk pasar Indonesia, sejauh ini produsen mobil Jepang masih nyaman dengan menguasai pangsa pasar 90 persen. Merek-merek mobil China yang marak dalam dua tahun terakhir ini mulai menyita perhatian konsumen terutama dengan mobil listriknya. Namun pangsa pasar mobil listrik di Indonesia yang masih berkisar antara tiga sampai empat persen belum menggoyahkan dominasi produsen mobil Jepang di Indonesia sampai kuartal kedua tahun ini.

sumber : Nikkei Asia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement