Jumat 12 Apr 2024 21:59 WIB

Urai Kepadatan, Kemenhub Tambah Armada Rute Panjang-Ciwandan

Pengerahan armada tambahan tersebut untuk memastikan kelancaran.

Antrean kendaraan yang akan memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Ahad (7/4/2024).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Antrean kendaraan yang akan memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Ahad (7/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menambah armada kapal untuk mengurai kepadatan lalu lintas dan mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang dan kendaraan selama arus balik Lebaran Tahun 2024 di rute Panjang-Ciwandan.

“Kami berkomitmen untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas di ruas penyeberangan Bakauheni-Merak dengan mengerahkan bantuan armada kapal negara dan swasta dengan rute Panjang-Ciwandan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi dalam keterangan di Jakarta, Jumat (12/4/2024).

Baca Juga

Antoni menyampaikan,  masyarakat dapat memanfaatkan bantuan armada kapal kenavigasian KN. Edam dan kapal patroli KPLP KN. Trisula di ruas penyeberangan Panjang-Ciwandan yang mulai beroperasi dari tanggal 12-18 April 2024.

“Tidak hanya itu, kami juga menyediakan armada kapal KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea yang akan beroperasi di ruas yang sama selama periode yang sama," ujar Antoni.

Dia menyebut jadwal bantuan armada kapal telah ditetapkan pada 12 April 2024 yakni KMP Panorama Nusantara dan KMP ALS Elvina. Sedangkan untuk tanggal 13-18 April 2024 kapan yang disiapkan yakni KMP Panorama Nusantara, KMP ALS Elvina, dan KMP Amadea

Antoni menjelaskan,  tujuan dari pengerahan armada tambahan tersebut untuk memastikan kelancaran dan keamanan perjalanan masyarakat selama masa arus balik Lebaran.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk memanfaatkan layanan ini dengan tertib dan mematuhi aturan yang berlaku. Kami siap untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengguna jasa angkutan laut," tutur Antoni.

Selain itu, lanjut Antoni mengatakan bahwa Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga telah mengoordinasikan dengan berbagai pihak terkait untuk memastikan kelancaran operasional armada tambahan ini.

Antoni mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hendak melakukan perjalanan balik untuk memperhatikan keselamatan selama berkendara.

"Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap dengan langkah ini, masyarakat dapat merasakan manfaatnya dalam mengurangi kepadatan lalu lintas dan menjadikan perjalanan selama arus balik Lebaran lebih selamat aman dan nyaman bagi semua pihak yang terlibat," kata Antoni.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement