Jumat 12 Apr 2024 13:45 WIB

Kapal Pesiar Singgahi Bali di Masa Libur Lebaran 2024

Ini merupakan kapal pesiar ke-28 yang singgah di Pelabuhan Benoa, Bali.

Kapal pesiar berbendera Norwegia Viking Sun melakukan lego jangkar di perairan Benoa, Bali, Sabtu (7/3/2020) (ilustrasi).
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Kapal pesiar berbendera Norwegia Viking Sun melakukan lego jangkar di perairan Benoa, Bali, Sabtu (7/3/2020) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Kapal pesiar Pasific Explorer  yang membawa 2.434 orang penumpang dan 847 kru menyinggahi Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, untuk berwisata di Pulau Dewata pada periode libur Lebaran 2024.

"Selama di Bali para penumpangnya melakukan aktivitas tur wisata (shore excursion)," kata General Manager Pelindo Benoa Anak Agung Gde Agung Mataram di Denpasar, kemarin.

Baca Juga

Kapal pesiar berbendera Inggris itu tidak sandar di dermaga Pelabuhan Benoa, melainkan lego jangkar di sekitar wilayah perairan pelabuhan.

Tidak semua penumpang kapal pesiar tersebut langsung turun ke daratan, tapi secara bertahap mereka dilayani antar jemput menggunakan kapal tender untuk menuju terminal kedatangan internasional Pelabuhan Benoa. Dalam satu kali pelayaran, kapal tender itu membawa ratusan orang penumpang.

Kapal tender merupakan kapal berukuran lebih kecil yang juga berfungsi sebagai sekoci apabila dalam keadaan darurat. Sebanyak 20 bus berukuran besar juga sudah menanti para turis itu untuk bersiap mengunjungi sejumlah destinasi.

Jadwal singgah di Bali berlangsung setengah hari yakni lego jangkar sekitar pukul 07.00 Wita dan dijadwalkan bertolak kembali ke Frementle, Australia, pada pukul 18.00 Wita hari yang sama. Kapal pesiar itu dalam pelayaran wisata selama 12 hari dari Frementle, Australia, kemudian menyinggahi Pulau Komodo pada 9 April 2024 dan Lembar, NTB, pada 10 April 2024.

Pemandu wisata dari salah satu agen perjalanan yang menangani plesir turis kapal pesiar itu, Wisnu, mengaku para wisatawan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di antaranya Kuta, Nusa Dua, Ubud, Bedugul hingga Tanah Lot.

"Selain dari kami, para wisatawan juga ada yang memesan paket wisata menggunakan agen sendiri," kata dia.

Kapal pesiar dengan panjang 261 meter dengan bobot 77.441 gros tonage (GT) itu merupakan kapal pesiar ke-28 yang singgah di Pelabuhan Benoa, Bali. Pelindo Benoa mencatat sebanyak 52 kapal pesiar mendaftar sandar selama 2024 dengan jumlah wisatawan mancanegara yang diangkut mencapai sekitar 89.400 orang.

Pelindo mencatat selama 2023, total sebanyak 48 kapal pesiar sandar di Benoa dengan  penumpang yang dilayani mencapai 77.864 orang.

Saat ini, Pelabuhan Benoa sudah dapat melayani kapal pesiar jumbo sandar (destination port) dan layanan embarkasi dan debarkasi penumpang (turn around). Kapal pesiar terpanjang yang pernah sandar di Pelabuhan Benoa adalah Celebrity Solstice dengan panjang 317 meter pada Oktober 2023 yang membawa 2.814 penumpang.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement