Rabu 28 Feb 2024 21:27 WIB

Cetak EBITDA Positif, GoTo Fokus Perkuat Bisnis di 2024

Bisnis on-demand services telah mencapai profitabilitas.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Ahmad Fikri Noor
Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Direktur Utama Grup GoTo Patrick Walujo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk berhasil mencatatkan kinerja yang positif sepanjang 2023. Direktur Utama GoTo Patrick Walujo menyampaikan, capaian positif EBITDA yang disesuaikan pada kuartal keempat 2023 adalah pencapaian penting yang membuktikan keberhasilan perseroan dalam mengupayakan efisiensi kegiatan operasional seluruh unit bisnisnya. 

"Bisnis e-commerce perseroan akan menghasilkan arus kas positif yang semakin bertumbuh, didorong oleh kemitraan dengan TikTok. Bisnis on-demand services telah mencapai profitabilitas dan terus bertumbuh," kata dia dalam paparan publik yang digelar secara daring, Rabu (28/2/2024).

Baca Juga

Selain itu, bisnis financial technology yang ditopang oleh GoPay akan mengalami pertumbuhan signifikan dengan adopsi keuangan digital yang semakin tinggi. "Fokus GoTo ke depan adalah berinvestasi pada pertumbuhan jangka panjang dan berkelanjutan yang akan memperkuat bisnis serta meningkatkan ketangguhan dan daya saing bisnis di tengah kondisi pasar yang semakin dinamis," ujarnya. 

Direktur sekaligus Chief Operating Officer GoTo Hans Patuwo meyakini ruang pertumbuhan GoTo masih terbuka lebar, didukung oleh kinerja perseroan yang semakin solid. Profitabilitas tetap menjadi tujuan utama, seiring upaya GoTo terus mendorong pertumbuhan bisnis dengan memperluas pasar potensial yang berfokus pada segmen pengguna yang memprioritaskan harga. 

"GoTo akan terus mengembangkan produk-produk dengan peluang monetisasi yang lebih tinggi, seperti layanan pinjaman digital. Langkah-langkah tersebut sejalan dengan komitmen perseroan untuk terus memperkuat fundamental bisnis serta memastikan kegiatan operasional dapat berjalan seefisien mungkin," kata dia.

Sepanjang tahun 2023, GoTo telah meluncurkan berbagai produk dan inovasi yang menyasar segmen konsumen yang memprioritaskan harga untuk memperluas jangkauan pasar. Produk tersebut di antaranya, GoCar Hemat, GoFood Mode Hemat, GoTransit, serta peluncuran aplikasi GoPay yang telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

Perseroan akan terus mendorong peningkatan penggunaan produk-produk tersebut, sejalan dengan upaya untuk menjangkau pengguna baru. Perseroan juga berencana meningkatkan monetisasi dari produk-produk keuangan yang memiliki take rate lebih tinggi. 

Perseroan telah meluncurkan layanan GoPay Pinjam di aplikasi GoPay di September 2023 untuk meningkatkan jumlah pengguna baru di luar aplikasi Gojek dan Tokopedia. GoPay Pinjam menunjukkan kinerja yang solid, tecermin dari total pinjaman yang terus mengalami peningkatan dari kuartal keempat 2022 hingga kuartal ketiga 2023.

Selain itu, Perseroan bersama mitra strategisnya, Bank Jago juga telah meluncurkan layanan tabungan GoPay Tabungan by Jago yang menawarkan berbagai jenis rekening sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai dari pembayaran sehari-hari hingga menabung untuk masa depan.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari upaya untuk memperkuat fundamental bisnis, Perseroan juga akan terus mengelola beban usaha secara disiplin, termasuk beban infrastruktur dan pengembangan teknologi informasi, beban operasional tetap, serta insentif dan promosi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement