Jumat 08 Mar 2024 19:01 WIB

Toyota Umumkan Pemenang Kontes Modifikasi Hilux Rangga: Ide Inovasi untuk Produksi Massal

Di tahap final, para finalis membuat model skala 1:1 untuk penggambaran seutuhnya.

Toyota Astra Motor menggelar lomba desain digital Toyota Hilux Rangga yang diberi nama Digital Modification Contest (Digimodz) pada bulan Agustus 2023. Setelah memasuki tahap penjurian dan final, TAM pun mengumumkan Top 3 Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz).
Foto:

Juara 3: Chicken Transporter by Dhandy Ramadhan

Ide Chicken Transporter tercetus tidak sengaja saat Dhandy sebagai satu-satunya peserta perorangan yang menjadi juara, sedang dalam perjalanan pulang kerja. Ia berpapasan dengan mobil pick up pengangkut ayam yang tampilannya cukup memprihatinkan, ditambah banyak pengguna jalan yang menjauh karena bau tidak sedap dan cara meng-handle muatan yang kurang aman. Padahal, selama ini ayam merupakan komoditi pangan yang sangat diminati, namun pengirimannya masih kurang diperhatikan.

Dhandy mulai memikirkan konsep mobil pengangkut ayam yang tampilannya menarik, lebih stylish, aman, dan membantu transportasi ayam potong untuk menekan tingkat stres dan kematian pada ayam selama perjalanan. Termasuk tidak mengganggu pengguna jalan lain karena bau tidak sedap dan keamanan kendaraan kurang diperhatikan. Riset data, brain storming idea, pembuatan desain hingga finishing berjalan sekitar 2 minggu dengan perhitungan matang supaya desainnya mudah dikembangkan jika diproduksi versi aslinya.

Box carrier didesain tertutup, dilengkapi air exhaust dan anti bacterial air purifier untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan memastikan udara yang keluar dari boks tidak berbau sehingga aman bagi kesehatan ayam maupun lingkungan sekitar. Terdapat pencahayaan warm LED yang selain memiliki nilai estetika, juga berfungsi membantu menjaga suhu di dalam boks tetap stabil agar ayam tetap sehat dan tidak stress selama perjalanan. 

 

“Selamat kepada para pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz) yang merupakan kontes desain commercial vehicle pertama di Indonesia. Semoga desain para pemenang dapat diaplikasikan dalam produksi massal kelak dan menginspirasi lebih banyak lagi desain konversi yang sesuai kebutuhan usaha dan lifestyle pelanggan. Harapan lain dengan terpilihnya Top 3 Toyota Rangga Concept DigiModz, Toyota dapat membuka kesempatan lebih luas lagi untuk melakukan kolaborasi bersama semua pihak, baik karoseri maupun masyarakat umum, dalam menciptakan usaha-usaha baru atau ide-ide kreatif lainnya yang bisa memberikan banyak manfaat dan berdampak positif untuk kemajuan ekonomi Indonesia,” tutup Anton Jimmi Suwandy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement