Rabu 21 Feb 2024 16:31 WIB

Gazoo Racing Pajang Model-Model Sporty dan Powerful di IIMS 2024, Termasuk GR Corolla

Toyota Astra Motor resmi membuka pre-booking GR Corolla untuk pasar Indonesia

Mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR), PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan dimulainya penjualan GR Corolla di Indonesia. Selaras Multi Pathway Strategy, produk GR telah mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV).
Foto: dok PT TAM
Mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR), PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan dimulainya penjualan GR Corolla di Indonesia. Selaras Multi Pathway Strategy, produk GR telah mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR), PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan dimulainya penjualan GR Corolla di Indonesia, sekaligus memajangnya bersama Agya GR Sport, Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, 15–25 Februari 2024. 

Selaras Multi Pathway Strategy, produk GR telah mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV). All New Agya GR Sport dengan livery baru yang melambangkan semangat pantang menyerah juga ikut dipamerkan oleh TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) untuk menunjukkan komitmen dan kesiapan tampil penuh di ajang balap nasional tahun ini.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan popularitas brand GR meningkat signifikan dibuktikan dari 19 produk yang dipasarkan, dimana komposisi model GR mencapai 80 persen. PT Toyota-Astra Motor (TAM) memajang GR model yang terdiri atas GR Pure, GR Sport dan GR Parts di ajang IIMS 2024, bersamaan dengan launching penjualan GR Corolla. 

"Toyota mengumumkan pula race car All New Agya GR Sport dengan livery baru yang juga akan dipakai di seluruh race car milik TGRI. Menandakan kesiapan untuk berlaga penuh di ajang balap domestik maupun regional sekaligus memperkenalkan pembalap muda penuh talenta yang akan mengorbit bersama TGRI,” tutur Anton.

Meskipun terbilang baru, TGRI telah aktif berkompetisi di 6 ajang motorsport yang berbeda baik di tingkat regional seperti GT World Challenge Asia (GTWCA) dan Asia Cross Country Rally. Maupun di Tingkat nasional seperti balap touring ISSOM, Rally, Sprint Rally, dan Slalom. TGRI menutup tahun 2023 dengan podium juara pada hampir semua cabang motorsport yang diikuti.

Tahun ini, partisipasi di seluruh ke-6 cabang motorsport yang telah diikuti pada tahun 2023 akan dilanjutkan oleh TGRI. Bahkan, beberapa cabang seperti GTWCA akan dilakukan improvement dengan bergabung di kejuaraan GTWCA Japan Cup 2024 yang lebih kompetitif.

Meskipun kemenangan merupakan rewards yang membanggakan, namun bukan menjadi satu-satunya tujuan dari kegiatan brand GR. Partisipasi dan kemenangan di berbagai ajang balap, menyediakan banyak ilmu serta pengalaman baru yang bisa diaplikasikan pada berbagai bidang lainnya, seperti menghadirkan ever-better cars yang sejalan filosofi Road Build People and People Build Car.

GR juga menerapkan prinsip Toyota “Carbon is Our Enemy”. Beberapa tahun terakhir, TGR menguji coba berbagai teknologi yang dirasa cocok bahkan bisa meningkatkan excitement dari kompetisi di sirkuit balap itu sendiri. Mulai dari elektrifikasi seperti hybrid engine di WRC dan WEC, bahkan bakar hidrogen (H2) hingga carbon-neutral fuel yang langsung dicoba oleh Morizo (Akio Toyoda) di berbagai event balap endurance. 

Semangat ini direpresentasikan oleh GR xEV model Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV yang dipajang di IIMS 2024. Teknologi elektrifikasi yang diimbuhkan, membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien dan low emission, namun ternyata juga lebih powerful dan fun to drive berkat kolaborasi apik antara motor listrik dan mesin bensin. 

Pengumuman Pre-Booking GR Corolla

Di Indonesia, GR Corolla sudah memulai debut sejak bulan Agustus 2023 namun belum ada rilis harga resminya. Di ajang IIMS 2024, PT TAM mengumumkan telah secara resmi membuka pre-booking GR Corolla untuk pasar Indonesia. Pelanggan bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota untuk mendapatkan informasi tentang skema penjualan GR Pure ke-4 di Indonesia ini.

photo
PT TAM mengumumkan telah secara resmi membuka pre-booking GR Corolla. Key performance GR Corolla adalah engine turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Sentuhan engineer TGR menjadikan unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini, sanggup menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm. - (dok TAM)

 

Key performance GR Corolla adalah engine turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Sentuhan engineer TGR menjadikan unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini, sanggup menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm. Sementara mesin GR Yaris sebagai basisnya memproduksi tenaga 261 PS dan torsi 360 Nm.

“Menghadirkan DNA Corolla yang telah hadir sejak tahun 1966 yang dikombinasikan pengalaman TGR yang sarat kemenangan di ajang motorsport global, GR Corolla memberikan race performance yang luar biasa, membuat takjub yang memandangnya, memberikan excitement dan joy of GR bagi siapapun yang berada di balik kemudinya, namun tetap memadai untuk daily use. Mengusung tema Untamed Energy, ada 3 misi yang ingin dicapai oleh GR Corolla, yakni making ever-better motorsports-bred car, making sports car that WOWs customer, dan bring back sports DNA to Corolla,” jelas Anton Jimmi Suwandy.

Livery Baru Sambut Musim Balap Baru bersama Pembalap Muda TGRI

“TGRI memulai musim balap baru dengan menggunakan livery baru pada seluruh mobil balapnya yang berlaga tahun ini. Salah satu yang siap tampil di ajang balap nasional adalah All New Agya GR Sport yang ikut dipajang di booth Toyota di IIMS 2024. Mobil balap ini dibalut livery all-matte black terbaru GR. Tidak sekadar dekorasi di eksterior mobil, livery ini melambangkan speed, serta merepresentasikan semangat Pushing the Limit for the Better. Sentuhan pada beberapa aspek kendaraan balap turut menjanjikan performance yang lebih andal supaya siap berkompetisi penuh musim ini,” terang Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

Transformasi livery ini sekaligus menandakan debut All New Agya GR Sport yang akan turun full season bersama pembalap-pembalap muda TGRI. Sepak terjang race car baru TGRI ini di tahun lalu, serta berbagai improvement yang sudah dilakukan memasuki tahun ini. Menjadikannya sebagai kompetitor yang layak diperhitungkan sekaligus menandakan kesiapan sporty hatchback dengan sentuhan balap dari engineer TGRI tersebut.

Oli Spesial untuk Pengguna GR

Dukungan untuk segala aktivitas Motorsport TGRI sebagai realisasi semangat GR brand konsisten diberikan oleh Toyota. Kali ini, PT TAM meluncurkan oli resmi Toyota Motor Oil (TMO) TGRI yang baru untuk menggantikan TMO 0W-20 Full Synthetic Oil yang telah menemani perjuangan TGRI di sirkuit balap bersamaan dengan TMO TGRI Injector Cleaner. TMO TGRI Oil terbaru masih memiliki viskositas 0W-20 dan kini dilengkapi Synthetic Ester Technology untuk meningkatkan performa unggul dan menjaga daya tahan mesin mobil agar tetap aman meski di push to the limit. 

Selain akan digunakan di arena balap, oli spesial dengan spesifikasi tertinggi yang dimiliki Toyota ini juga direkomendasikan untuk digunakan oleh semua line-up GR di Indonesia. 

Sedangkan TMO TGRI Injector Cleaner bisa membantu pelanggan untuk menjaga efisiensi pembakaran pada mobil setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu agar performanya tetap prima. Kedua hal ini menjadi bagian dari Total Mobility Solution yang ditawarkan Toyota untuk seluruh pelanggannya.

“Sebagai motorsport brand, aktivitas GAZOO Racing tidak terfokus hanya pada motorsport melainkan juga ekosistemnya. Visi Pushing the Limits for the Better merupakan penerapan lebih jauh dari continuous improvement yang kemudian menjadi dasar bagi seluruh proses development, baik untuk balapan, produk, maupun seluruh ekosistem pendukungnya. Termasuk melawan pandangan bahwa motorsport bertentangan dengan konsep ramah lingkungan dengan memberikan teknologi elektrifikasi dan energi terbarukan pada race car TGR yang ternyata sanggup meraih kemenangan di berbagai kompetisi balap global hingga akhirnya diadopsi pada mobil harian GR family. Tentunya dengan tetap mengedepankan visi memberikan excitement dan joy of GR kepada semua orang, baik dari sisi sirkuit balap maupun dari balik kemudi GR model,” tutup Hiroyuki Oide.

Ekspansi Aktivitas GAZOO Racing di Indonesia

Hadirkan excitement dan joy of GR kepada pecinta motorsport, GR akan meningkatkan popularisasi dan mengembangkan ekosistem balap di Indonesia supaya dapat diakses oleh lebih banyak orang. PT TAM mengajak dealer resmi Toyota supaya terlibat aktif di ajang balap dengan men-support pelanggan yang ingin turun berlomba. Kartikasari Motorsport merupakan contoh tim balap yang berasal dari dealer Toyota Kartika Sari Malang yang turun di ajang slalom dan sprint rally nasional 2023 dengan mengandalkan Agya GR Sport.

Melanjutkan upaya menghadirkan sustainable motorsport ecosystem, PT TAM akan menggelar TGR GT Cup yang lebih mudah diakses supaya semua orang dapat merasakan serunya pertarungan di ajang balap virtual. GR juga memperlebar kesempatan masyarakat untuk ikut berpartisipasi langsung lewat e-Motorsport yang kini juga akan hadir di berbagai dealer Toyota di seluruh Indonesia.

GR akan merangkul sebanyak-banyaknya motorsport dan GR enthusiast di Indonesia. One-stop-community hub GR Garage di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara, memberikan kesempatan kepada pengguna GR Family agar dapat melakukan modifikasi untuk meningkatkan tampilan dan performa kendaraannya. GR Garage juga menyediakan gathering space sebagai tempat berkumpulnya para penggemar balap dan sports car untuk menuangkan hobi motorsport. Sekarang telah terbentuk GR Enthusiast sebagai komunitas pengguna GR Pure yang bernaung di bawah organisasi induk Toyota Owners Club (TOC).

PT TAM akan melanjutkan program GR Tour yang menyasar pengunjung pusat perbelanjaan supaya dapat menikmati excitement dan joy of GR secara disertai kehadiran GR model dan kesempatan taxi drive bersama pembalap TGRI. GR Zone yang kini tersedia di lebih dari 23 titik di seluruh Indonesia, khusus disiapkan bagi para GR enthusiast untuk saling bertukar passion di motorsports.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement