Selasa 27 Feb 2024 17:00 WIB

Toyota Gazoo Racing Boyong Beragam Inovasi dari GR Corolla Hingga Livery Baru di IIMS 2024

Mengusung tema Untamed Energy, ada 3 misi yang ingin dicapai oleh GR Corolla

Mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR), PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan dimulainya pre-booking GR Corolla di Indonesia. Selaras Multi Pathway Strategy, produk GR telah mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV).
Foto: dok PT TAM
Mengusung DNA motorsport TOYOTA GAZOO Racing (TGR), PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan dimulainya pre-booking GR Corolla di Indonesia. Selaras Multi Pathway Strategy, produk GR telah mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengusung DNA motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR), PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan dimulainya pre booking GR Corolla di Indonesia, di ajang  Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Utara, 15–25 Februari 2024. 

Di Indonesia, GR Corolla sudah memulai debut sejak bulan Agustus 2023 namun belum ada rilis harga resminya. Sementara di ajang IIMS, PT TAM mengumumkan telah secara resmi membuka pre-booking GR Corolla untuk pasar Indonesia. 

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan PT TAM Menghadirkan DNA Corolla yang telah ada sejak tahun 1966 dikombinasikan pengalaman TGR yang sarat kemenangan di ajang motorsport global. Hal ini pun membuat GR Corolla memiliki race performance yang luar biasa, membuat takjub yang memandangnya, memberikan excitement dan joy of GR bagi siapapun yang berada di balik kemudinya, namun tetap memadai untuk daily use

"Mengusung tema Untamed Energy, ada 3 misi yang ingin dicapai oleh GR Corolla, yakni making ever-better motorsports-bred car, making sports car that WOWs customer, dan bring back sports DNA to Corolla," ucap dia berdasarkan rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (21/2/2024).

Key performance GR Corolla adalah engine turbo berkode G16E-GTS. Sentuhan engineer TGR menjadikan unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini, sanggup menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm.

Sementara untuk harga di ajang IIMS 2024, Anton menyebut GR Corolla dibanderol di harga sekitar Rp 1,3 miliar. Untuk mendapatkannya, pelanggan bisa menghubungi jaringan dealer resmi Toyota untuk mendapatkan informasi tentang skema penjualan GR Pure ke-4 di Indonesia ini.

 

photo
PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai penjualan GR Corolla di Indonesia dengan harga Rp 1,3 miliar. - (Republika/Firkah Fansuri)

 

Anton juga menambahkan di ajang IIMS 2024, Toyota tidak hanya memboyong GR Corolla, namun juga Agya GR Sport, Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV. TGR memang sengaja mengusung teknologi elektrifikasi Hybrid EV (HEV) dan Plug-in Hybrid EV (PHEV) sebagai bagian dari Multi Pathway Strategy. 

All New Agya GR Sport dengan livery baru yang melambangkan semangat pantang menyerah juga ikut dipamerkan oleh TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) untuk menunjukkan komitmen dan kesiapan tampil penuh di ajang balap nasional tahun ini.

Meskipun terbilang baru, TGRI telah aktif berkompetisi di 6 ajang motorsport yang berbeda baik di tingkat regional seperti GT World Challenge Asia (GTWCA) dan Asia Cross Country Rally. Maupun di Tingkat nasional seperti balap touring ISSOM, Rally, Sprint Rally, dan Slalom. TGRI menutup tahun 2023 dengan podium juara pada hampir semua cabang motorsport yang diikuti.

Tahun ini, partisipasi di seluruh ke-6 cabang motorsport yang telah diikuti pada tahun 2023 akan dilanjutkan oleh TGRI. Bahkan, beberapa cabang seperti GTWCA akan dilakukan improvement dengan bergabung di kejuaraan GTWCA Japan Cup 2024 yang lebih kompetitif.

Meskipun kemenangan merupakan rewards yang membanggakan, namun bukan menjadi satu-satunya tujuan dari kegiatan brand GR. Partisipasi dan kemenangan di berbagai ajang balap, menyediakan banyak ilmu serta pengalaman baru yang bisa diaplikasikan pada berbagai bidang lainnya, seperti menghadirkan ever-better cars yang sejalan filosofi Road Build People and People Build Car.

GR juga menerapkan prinsip Toyota “Carbon is Our Enemy”. Beberapa tahun terakhir, TGR menguji coba berbagai teknologi yang dirasa cocok bahkan bisa meningkatkan excitement dari kompetisi di sirkuit balap itu sendiri. Mulai dari elektrifikasi seperti hybrid engine di WRC dan WEC, bahkan bakar hidrogen (H2) hingga carbon-neutral fuel yang langsung dicoba oleh Morizo (Akio Toyoda) di berbagai event balap endurance. 

Semangat ini direpresentasikan oleh GR xEV model Yaris Cross GR Parts HEV, dan RAV4 GR Sport PHEV yang dipajang di IIMS 2024. Teknologi elektrifikasi yang diimbuhkan, membuat kinerja mesin menjadi lebih efisien dan low emission, namun ternyata juga lebih powerful dan fun to drive berkat kolaborasi apik antara motor listrik dan mesin bensin. 

Oli spesial pengguna GR

Pada saat yang sama, PT TAM meluncurkan oli resmi Toyota Motor Oil (TMO) TGRI yang baru untuk menggantikan TMO 0W-20 Full Synthetic Oil yang telah menemani perjuangan TGRI di sirkuit balap bersamaan dengan TMO TGRI Injector Cleaner. TMO TGRI Oil terbaru masih memiliki viskositas 0W-20 dan kini dilengkapi Synthetic Ester Technology untuk meningkatkan performa unggul dan menjaga daya tahan mesin mobil agar tetap aman meski di push to the limit

Selain akan digunakan di arena balap, oli spesial dengan spesifikasi tertinggi yang dimiliki Toyota ini juga direkomendasikan untuk digunakan oleh semua line-up GR di Indonesia. 

photo
PT TAM mengumumkan telah secara resmi membuka pre-booking GR Corolla. Key performance GR Corolla adalah engine turbo berkode G16E-GTS yang sama dengan milik GR Yaris. Sentuhan engineer TGR menjadikan unit 3-silinder 1.618 cc berteknologi D-4ST & Port Injection ini, sanggup menghasilkan tenaga 300 PS pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada 3.000–5.550 rpm. - (dok TAM)

 

Sedangkan TMO TGRI Injector Cleaner bisa membantu pelanggan untuk menjaga efisiensi pembakaran pada mobil setelah digunakan dalam jangka waktu tertentu agar performanya tetap prima. Kedua hal ini menjadi bagian dari Total Mobility Solution yang ditawarkan Toyota untuk seluruh pelanggannya.

Hiroyuki Oide menambahkan, sebagai motorsport brand, aktivitas GAZOO Racing tidak terfokus hanya pada motorsport melainkan juga ekosistemnya. Visi Pushing the Limits for the Better merupakan penerapan lebih jauh dari continuous improvement yang kemudian menjadi dasar bagi seluruh proses development, baik untuk balapan, produk, maupun seluruh ekosistem pendukungnya.

Termasuk melawan pandangan bahwa motorsport bertentangan dengan konsep ramah lingkungan dengan memberikan teknologi elektrifikasi dan energi terbarukan pada race car TGR yang ternyata sanggup meraih kemenangan di berbagai kompetisi balap global hingga akhirnya diadopsi pada mobil harian GR family.

"Tentunya dengan tetap mengedepankan visi memberikan excitement dan joy of GR kepada semua orang, baik dari sisi sirkuit balap maupun dari balik kemudi GR model,” ungkap Oide .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement