Rabu 21 Feb 2024 16:45 WIB

Hadirkan Complete Mobility Ecosystem di IIMS, Toyota Komitmen Hadirkan Mobility for All

PT TAM bergerak menuju masa depan mobilitas yang inklusif dan peduli lingkungan

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda dan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. Bermodalkan Total Mobility Solution, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen untuk terus menghadirkan Mobility for All lewat Complete Mobility Ecosystem agar dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 15–25 Februari 2024.
Foto: dok PT TAM
President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda dan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy. Bermodalkan Total Mobility Solution, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen untuk terus menghadirkan Mobility for All lewat Complete Mobility Ecosystem agar dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 15–25 Februari 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bermodalkan Total Mobility Solution, PT Toyota-Astra Motor (TAM) berkomitmen untuk terus menghadirkan Mobility for All lewat Complete Mobility Ecosystem agar dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 15–25 Februari 2024. 

Tidak hanya produk yang lengkap mulai dari kendaraan elektrifikasi (xEV), GR family, dan commercial vehicle, tapi juga mobility services dan teknologi yang lengkap untuk mendukung berbagai kebutuhan mobilitas. Dengan inisiatif IT'S TIME FOR EVERYONE, PT TAM bergerak menuju masa depan mobilitas yang inklusif dan peduli lingkungan dengan mengajak partisipasi masyarakat melalui berbagai cara yang memungkinkan.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, mengatakan komitmen PT Toyota-Astra Motor (TAM) terhadap Mobility for All berkaitan erat dengan dedikasi kami untuk mencapai carbon neutrality. Toyota menerapkan pendekatan Multi Pathway Strategy dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution untuk menekan emisi karbon sebagai ‘musuh’ bersama. 

Partisipasi Toyota di pameran IIMS 2024, sejalan pula dengan target Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang. "Selain tentunya mengamplifikasi inisiatif IT'S TIME FOR EVERYONE agar masyarakat berpartisipasi melestarikan lingkungan sesuai kemampuannya, yaitu memakai kendaraan elektrifikasi dan Flex Fuel Mobility Toyota yang semakin lengkap,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Display Movement ITS TIME FOR EVERYONE

Sementara itu, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menyatakan sejak tahun 2022, PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE yang mengajak partisipasi masyarakat melalui pendekatan holistik menuju netralitas karbon lewat 3 cara. Pertama menurut dia, aktivitas pengurangan karbon kolektif, berikutnya teknologi kendaraan rendah emisi, dan terakhir adalah kendaraan elektrifikasi. 

"Pendekatan pertama melibatkan kontribusi masyarakat melalui Toyota Waste Station, menanam pohon mangrove, sekaligus mengajak komunitas pemilik Toyota untuk memaksimalkan potensi dari luasnya cakupan keanggotaan untuk bersama-sama melakukan langkah kecil demi masa depan yang lebih baik,” kata Anton.

photo
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy menyatakan sejak tahun 2022, PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE - (dok PT TAM)

 

Dengan slogan “carbon is our enemy”, dalam setahun berjalan Toyota telah berhasil menginisiasi gerakan masyarakat dan mengumpulkan serta mendaur ulang lebih dari 100 ton sampah dari 7 waste station di Pulau Jawa. Capaian ini setara dengan mengurangi 34 ton emisi CO2.

Toyota terus mengembangkan layanan pendukung serta ekosistem yang memadai untuk masyarakat yang menggunakan xEV Toyota, khususnya untuk Battery EV dan Plug-In Hybrid EV yang membutuhkan dukungan infrastruktur seperti charging station. Mulai dari kesiapan seluruh jaringan dealer resmi Toyota untuk servis berkala dan mengatasi permasalah kendaraan elektrifikasi, hingga charging station yang kini tersebar di 100 titik termasuk outlet resmi Toyota di seluruh Indonesia. Seluruh charging station di outlet resmi Toyota sudah memiliki spesifikasi medium charger 22 kW yang bisa memaksimalkan kemampuan charging mobil pada socket AC dan memangkas waktu charging dibandingkan AC charger 7 kW. Menjadikan Toyota sebagai brand otomotif dengan medium charger 22 kW terbanyak di Indonesia.

Beberapa Ultra Fast Charging (UFC) juga ikut hadir di 5 titik, yaitu 3 dealer di Aceh, Yogyakarta, dan Semarang, serta di ASHTA Mall SCBD Jakarta dan Rest Area 695A Jombang. Jumlah charging station akan terus ditambah untuk mengoptimalkan range BEV dan PHEV Toyota dalam menunjang mobilitas ramah lingkungan yang semakin mudah dan nyaman.

Kendaraan Elektrifikasi Toyota Siap Mencuri Perhatian Pengunjung IIMS 2024

Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap untuk dipajang di IIMS 2024. Mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), bahkan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) lewat kehadiran Toyota Mirai. Berdampingan dengan Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV sebagai kendaraan elektrifikasi karya anak bangsa pertama, Toyota juga memperkenalkan All New Vellfire HEV.

“Kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris adalah Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan xEV yang diproduksi lokal dan menjadi xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia. Bukti keseriusan menuju netralitas karbon, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan jajaran kendaraan elektrifikasi di IIMS 2024, yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, Toyota bZ4X, RAV4 GR Sport PHEV dan Corolla Cross HEV Bioetanol, bersama perkenalan All New Vellfire HEV yang memperluas pilihan eco friendly vehicle. Hadirkan ever-better cars, Toyota Mirai dipamerkan karena mewakili teknologi hidrogen (FCEV) yang nol emisi sekaligus melambangkan bentuk kerjasama Toyota dengan stakeholder untuk pengembangan teknologi ini di Indonesia,” ungkap Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Hadirkan Mobility Solution for All, xEV Toyota berteknologi hybrid electric masih menjadi pilihan utama masyarakat. Ditandai debut Kijang Innova Zenix HEV yang langsung mencatatkan diri sebagai kendaraan elektrifikasi terlaris di Indonesia dengan whole sales 27.705 unit di tahun 2023. Catatan penjualan Kijang Innova Zenix HEV adalah sekitar 38,7 persen dari total wholes sales kendaraan elektrifikasi nasional. 

Bukan tanpa sebab jika ternyata HEV Toyota menguasai lansekap penjualan kendaraan elektrifikasi khususnya HEV di level nasional. Kombinasi motor listrik dan mesin bensin mampu mendongkrak performa mobil hybrid di seluruh rentang putaran mesin. Berikutnya adalah jarak berkendara yang lebih panjang berkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Beberapa pengetesan bahkan membuktikan bahwa Yaris Cross Hybrid EV bisa menempuh jarak 31 kilometer hanya dengan 1 liter bahan bakar. Semua benefit ini bisa didapatkan pelanggan tanpa harus mengubah kebiasaan mobilitasnya.

Keunggulan penting lainnya, biaya maintenance HEV Toyota yang relatif sama dengan mobil konvensional karena minim perawatan khusus mobil hybrid. Untuk menambah peace of mind, juga terdapat garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km, serta harga baterai yang terhitung kompetitif dan affordable. Kemudian jika pelanggan ingin mengganti kendaraan Hybrid miliknya, resale value di used car market terhitung tinggi. Bahkan di beberapa model Hybrid lebih tinggi daripada non-Hybrid. Terakhir, adalah kontribusi terhadap lingkungan di mana setiap teknologi elektrifikasi memiliki peran masing-masing dalam mencapai netralitas karbon. 

Booth Toyota turut menampilkan BEV global pertama Toyota bZ4X yang memperoleh sambutan luar biasa tahun lalu bersama Premium Sporty SUV All New RAV4 GR Sport PHEV. Ditambah showcase Toyota Mirai sebagai representasi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen, menunjukkan luasnya cakupan xEV Toyota global yang zero emission. Sekaligus melambangkan kerjasama Toyota Indonesia dengan stakeholder di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen.

Sejalan visi No One Left Behind, Toyota merintis penggunaan Flex-Fuel Mobility dengan pemanfaatan teknologi bahan bakar ramah lingkungan yang lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru dan mempercepat pengurangan emisi karbon sehingga masyarakat dapat memilih kendaraan ramah lingkungan yang paling sesuai kemampuannya. Di gelaran IIMS 2024, Toyota memajang Corolla Cross HEV Bioetanol yang sudah kompatibel sepenuhnya dengan bahan bakar Bioetanol (E100) untuk melengkapi line-up carbon neutral mobility Toyota.

Melalui brand GAZOO Racing (GR), Toyota berusaha menghadirkan motorsport excitement dan joy of GR bagi seluruh GR enthusiast di Indonesia. Khusus di area GAZOO Racing, pengunjung dapat merasakan DNA motorsport Toyota yang kental dalam line-up produk yang ditampilkan. Mulai dari GR Corolla yang mewakili Pure GR yang dapat memacu adrenalin sports car enthusiast, dan Agya GR Sport yang digunakan pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di ajang kejuaraan nasional balap touring car dan slalom car dengan livery all-matte black barunya untuk season 2024.

Sebagai mobility solution pelanggan fleet, New Hilux Double Cabin 2.4 4x4 yang baru saja mendapatkan penyegaran eksterior dan interior, ikut dipamerkan untuk mewakili line-up commercial vehicle Toyota. PT TAM turut memajang Toyota Hilux Rangga yang merupakan cikal bakal model terbaru di line-up commercial vehicle Toyota.

Dalam mewujudkan Total Mobility Solution, PT TAM menawarkan mobility ecosystem yang komplit untuk menunjang mobilitas masyarakat, baik terkait kebutuhan sales maupun after sales hingga pembelian mobil baru Toyota berikutnya. Khusus sales, tersedia berbagai program promo yang menguntungkan pengunjung IIMS 2024, berupa One Stop Solution yaitu Toyota Spektakuler, Toyota Official Store Solution (TOSS), program Trade-in, EZ Deal dan KINTO.

Program after sales T-CARE diberikan untuk pembelian mobil baru Toyota dengan benefit berupa bebas biaya jasa dan biaya suku cadang saat servis berkala selama 3 tahun atau 7 kali servis berkala, ditambah extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km. Pelanggan dapat langsung memanfaatkan fitur T-Intouch untuk kemudahan mengakses berbagai layanan after sales Toyota via aplikasi m-TOYOTA, termasuk kesempatan untuk membeli merchandise dan aksesoris mobil original Toyota, dan parts TMO dengan harga spesial.

photo
All New Vellfire HEV Hadir Perdana di IIMS 2024 - (dok PT TAM)

 

All New Vellfire HEV Hadir Perdana di IIMS 2024

Hadirkan ever-better cars di Indonesia, PT Toyota-Astra Motor (TAM) sekali lagi akan menambah opsi xEV bagi pelanggan. Kali ini dengan teknologi hybrid pada All New Vellfire HEV di segmen Luxury MPV. Model ini telah mendapatkan full model change yang berdiri di atas all new platform, bersama peningkatan kenyamanan dan advanced features yang signifikan, serta dilengkapi Toyota Hybrid System sebagai pengelola kinerja hybrid engine yang efisien, powerful, dan ultra low emission.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement