Ahad 17 Dec 2023 15:00 WIB

SIG Produksi Paving Berpori Dukung Pariwisata Ramah Lingkungan

Paving berpori mampu meresapkan air sehingga mengurangi limpasan permukaan.

Logo PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)
Foto: facebook.com/semenindonesiagroup
Logo PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) mendukung penyediaan infrastruktur pariwisata yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan mengaplikasikan porous paving atau paving berpori.

Direktur Operasi SIG Reni Wulandari mengatakan, porous paving merupakan produk ramah lingkungan yang menggunakan semen hidraulis. Material ini mampu meresapkan air hingga 81-730 liter per menit per meter persegi sehingga mengurangi limpasan permukaan.

Baca Juga

"Produk ini dihasilkan dari aktifitas research and development dan melalui berbagai proses penyempurnaan sehingga memiliki mutu lebih tinggi dan pastinya ramah lingkungan," kata Reni di Jakarta, Sabtu (15/12/2023).

Ia menjelaskan, porous paving diproduksi oleh unit usaha SIG PT Varia Usaha Beton (VUB) Plant Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Produksinya menggunakan bahan baku berkualitas dan sesuai standar yang dipersyaratkan. Selain ramah lingkungan, porous paving juga didesain dengan paduan corak warna yang estetis, terdiri dari warna merah dan warna abu-abu (natural).

Sekretaris Perusahaan PT SIG Vita Mahyerni menambahkan, dukungan infrastruktur pariwisata yang nyaman dan memenuhi standar estetika yang tinggi, diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan berkunjung. Dengan begitu pada akhirnya memberikan dampak dari sisi ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"SIG selalu siap untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam proyek pembangunan infrastruktur dengan memasok produk bahan bangunan inovatif yang bermutu, berkualitas, dan ramah lingkungan," ujar Vita.

Adapun Jembatan Kaca Seruni Point yang diproyeksikan bakal menjadi primadona baru kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, merupakan salah satu tempat diaplikasikannya porous paving dari SIG. Aplikasi porous paving dari SIG itu menjadi kontribusi perusahaan untuk mendukung proyek infrastruktur pada objek wisata yang masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru (BTS) tersebut.

SIG telah mengerahkan tenaga ahlinya untuk memastikan kualitas terbaik aplikasi paving berpori di area amphitheater dan area bangunan multifungsi pada November 2023 dengan total luas 472 m². Pengaplikasian porous paving di area wisata Jembatan Kaca Seruni Point merupakan kerja sama antara SIG dengan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR untuk menyediakan infrastruktur pariwisata yang ramah lingkungan guna menunjang kenyamanan para wisatawan.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement