Sabtu 07 Oct 2023 14:44 WIB

Pemerintah Buka Skema KPBU untuk Bangun Infrastruktur Penerangan Jalan

PKS tersebut merupakan hal positif dalam mendukung usaha penunjang ketenagalistrikan.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi penerangan jalan.
Foto: ANTARA/Basri Marzuki
Ilustrasi penerangan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mulai menerapkan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU), yang salah satunya dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur Penerangan Jalan Umum (PJU).

Salah satu bentuk skema KPBU untuk proyek PJU yakni seperti dalam pembentukan Badan Usaha Pelaksana KPBU Unsolicited pertama di Indonesia pada proyek peningkatan infrastruktur PJU di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat.

Baca Juga

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu Jisman mengapresiasi tercapainya kesepakatan berupa Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Dharmasraya dengan PT Dharmasraya Kemilau Abadi. 

Ia menilai, PKS tersebut merupakan hal positif dalam mendukung usaha penunjang ketenagalistrikan, juga sebagai salah satu upaya percepatan Pembangunan di daerah.

 

“Kementerian ESDM berkomitmen mempercepat proses pemberian perizinan usaha penunjang tenaga listrik yang sudah dilakukan secara online melalui aplikasi Si Ujang Gatrik sehingga tidak diperlukan tatap muka dan dapat diajukan secara mandiri di tempat masing-masing," kata Jisman, dalam keterangannya, Sabtu (7/10/2023). 

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Hendrar Prihadi mengatakan dalam skema KPBU, untuk membangun komunikasi antara pemerintah dengan badan usaha diperlukan kepercayaan sehingga pembangunan infrastruktur di daerah dapat tercapai.

Untuk itu, kewajiban Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam KPBU ini adalah memberikan Jaminan Pembayaran Ketersediaan Layanan (Availability Payment) pertahun, sedangkan BUP PT Dharmasraya Kilau Abadi berkewajiban menyediakan layanan penerangan jalan umum selama 5 tahun sebanyak 4.520 titik lampu.

Seperti diketahui, Kabupaten Dharmasraya melaksanakan Proyek Peningkatan Infrastruktur PJU dengan Skema KPBU Unsolicited. Skema KPBU tersebut berangkat berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2015 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha dalam Penyediaan Infrastruktur.

Pemkab Dharmasraya telah memulai penerapan skema KPBU unsolicited pada tahun 2023 dengan rencana skema Desain, Pembangunan, Pendanaan, Operasi, Pemeliharaan dan Serah Terima selama  lima tahun dan enam bulan masa konstruksi, dan ditargetkan pada tahun 2024, PJU dengan skema KPBU sudab bisa dinikmati oleh masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement