Sabtu 30 Sep 2023 23:30 WIB

Tumbuhkan Semangat Wirausaha, Kemenkop Gelar Enterpreneur Hub di Jatim

Entrepreneur Hub Jawa Timur difokuskan untuk menumbuhkan pola pikir berwirausaha.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi pembinaan UMKM.
Foto: Dok. Istimewa
Ilustrasi pembinaan UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) kembali menggelar program Entrepreneur Hub. Kali ini kegiatan tersebut dilakukan di Jawa Timur yang dikemas secara berkelanjutan dan akan difasilitasi oleh para kolaborator.

Program itu sebelumnya sukses digelar di Jakarta, Medan, Padang, Palembang, Ambon, dan beberapa kota lainnya. Deputi Bidang Kewirausahaan Kemenkop Siti Azizah mengatakan, Entrepreneur Hub Jawa Timur difokuskan untuk menumbuhkan pola pikir berwirausaha di kalangan pemuda dan ditargetkan mampu meningkatkan kemampuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau scale up.

Baca Juga

Program tersebut juga guna menumbuhkan wirausaha baru dengan usaha yang inovatif, berbasis teknologi, dan berkelanjutan. Dari situ kemudian diharapkan bertumbuh semangat calon wirausaha menjadi wirausaha pemula kemudian meningkat menjadi wirausaha mapan.

“Hal ini dilaksanakan sebagai ikhtiar untuk mengantisipasi puncak bonus demografi pada 2030. Penduduk usia produktif akan lebih banyak dibandingkan dengan non produktif,” tutur Siti, dalam sambutannya di acara Entrepeneur Hub Jawa Timur bertajuk Penciptaan Wirausaha by Design Melalui Penumbuhan Ekosistem Kewirausahaan, seperti dilansir siaran pers, Sabtu (30/9/2023).

 

Kondisi itu, kata dia, menjadi positif apabila generasi muda merupakan beberapa orang inovatif dan kreatif, sehingga ekonomi Indonesia dapat terus bertumbuh dengan tercipta sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan. Hanya saja ini, sambungnya, memiliki tantangan besar, terutama saat isu pengangguran usia muda masih sangat tinggi.

Dari data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri, pada 2022 tercatat jumlah penduduk Jawa Timur sebanyak 41,14 juta jiwa dan sebanyak 70,32 persen di antaranya merupakan penduduk yang masuk kelompok usia produktif. Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2022 pun menunjukkan jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,4 juta orang, paling banyak berasal dari kelompok usia muda 20-24 tahun, yaitu sekitar 30,12 persen dari total pengangguran nasional. 

“Tidak selarasnya pertumbuhan pasar kerja dan masih belum sesuainya kapasitas SDM dengan kebutuhan pasar membuat angka pengangguran bisa jadi lebih tinggi ke depan. Oleh karena itu, perlu ada sebuah solusi yang bisa kita tawarkan,” ujar Siti.

Menurutnya, wirausaha dapat menjadi salah satu solusi yang bisa mulai dibangun di kalangan anak muda Indonesia. Sebagaimana, saat ini wirausaha memainkan peranan penting dalam keberlanjutan perekonomian di Indonesia.

Entrepreneur Hub sebagai salah satu implementasi pengembangan kewirausahan yang diluncurkan pada 11 Agustus 2023 diselenggarakan melalui dua skema, yakni Entrepreneur Hub sebagai program dan sebagai platform. Sebagai program, Entrepreneur Hub merupakan sebuah program terpadu dan berkelanjutan yang memfasilitasi wirausaha untuk bertumbuh. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement