Kamis 14 Sep 2023 07:24 WIB

Delapan PSN Siap Diresmikan Jelang Jokowi Pensiun

Sebanyak delapan PSN bakal segera diresmikan dalam waktu dekat.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi pembangunan proyek strategis nasional (PSN).
Foto: ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha
Ilustrasi pembangunan proyek strategis nasional (PSN).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Sebanyak delapan proyek strategis nasional (PSN) bakal segera diresmikan dalam waktu dekat sebelum pergantian pemerintahan Joko Widodo. Proyek tersebut mencakup infrastruktur jalan tol, kawasan industri, hingga destinasi wisata yang diyakini bakal meningkatkan laju perekonomian. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan peresmian kedelapan proyek itu diharapkan dapat dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo agar sekaligus dapat berjumpa langsung dengan masyarakat sekitar yang merasakan manfaatnya. 

Baca Juga

“Mohon bapak Presiden dapat meresmikan dalam waktu dekat. Terima kasih Bapak Presiden yang telah percaya dan mendorong PSN ini bisa diselesaikan dan pemangku kebijakan yang telah mempercepat penyelesaian PSN,” kata Airlangga dalam rangkaian acara Sewindu Proyek Strategis Nasional di Jakarta, Rabu (13/9/2023). 

Airlangga mengatakan, berdasarkan sejumlah kajian lembaga penelitian, pembangunan PSN yang dilakukan dalam delapan tahun terakhir tercatat mampu mendukung pemerataan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Tercatat selama delapan tahun pemerintahan, terdapat 25 PSN di Sumatera, 16 di Kalimantan, 17 di Sulawesi, 15 di Bali Nusa Tenggara, 10 di Maluku Papua, 50 di Jawa, dan 4 PSN tingkat nasional. 

Delapan PSN yang siap diresmikan adalah sebagai berikut: 

1. Jalan Tol Sigli-banda Aceh Seksi 5 dan 6 dengan nilai investasi Rp 12,53 triliun

2. Jalan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim Seksi 1 dengan nilai investasi Rp 24,11 triliun

3. Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 dengan nilai investasi Rp 3,8 triliun

4. Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 dengan nilai investasi Rp 3,21 triliun

5. Industri Katalis Merah Putih, Cikampek, Provinsi Jawa Barat dengan nilai investasi Rp 286 miliar.

6. Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo Seksi 4A denan nilai investasi  Rp 6,36 triliun

7. Pengembangan Kawasan Pariwisata Parapuar Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores dengan nilai investasi Rp 2,8 triliun.

 

8. Kawasan Industri Weda Bay, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara dengan nilai investasi Rp 183 triliun hingga tahun 2023. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement