Senin 04 Sep 2023 15:39 WIB

InJourney Gelar Pelatihan Pelayanan Pariwisata Prima di Kulon Progo

Destinasi wisata daerah perlu dukungan via peningkatan kompetensi SDM dan masyarakat.

PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Injourney)
Foto: injourney.id
PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Injourney)

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) mengadakan pelatihan pelayanan prima bertajuk "InJourney Hospitality House" di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pelatihan ini digelar selama tiga hari pada 29 sampai 31 Agustus 2023 di Lendah, Kulon Progo," kata Corporate Secretary PT TWC AY Suhartanto di Kantor Pusat PT TWC, Sleman, DIY, Senin (4/9/2023).

Baca Juga

Menurut dia, pelatihan tersebut diikuti sebanyak 66 peserta, yang terdiri atas anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pengelola perjalanan wisata, pengelola homestay, dan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Kulon Progo.

"Pelatihan yang diselenggarakan melalui divisi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT TWC ini berupa materi serta praktik yang berkaitan dengan mindset hospitality kepada masyarakat dan pelaku usaha di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur," kata Suhartanto.

Ia mengatakan, beberapa materi yang diberikan meliputi cara komunikasi yang efektif, cara menanamkan kebiasaan rapi dan bersih, cara bersikap untuk hadirkan pelayanan prima serta membangun sikap mental positif. Pelatihan ini menjadi upaya untuk menanamkan semangat perubahan guna meningkatkan pelayanan di destinasi wisata.

Suhartanto mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk menunjang Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur. "InJourney sebagai BUMN holding pariwisata bertujuan untuk membawa keramahtamahan dan keragaman budaya Indonesia kepada dunia melalui InJourney Hospitality House ini," kata dia.

Ia mengatakan, pengelola destinasi wisata di daerah perlu mendukung hal ini melalui peningkatan kompetensi pelaku wisata serta masyarakat lainnya, karena hal tersebut turut serta membangun ekosistem pariwisata berkualitas di Indonesia.

InJourney Hospitality House (IHH) di Kabupaten Kulon Progo ini, kata dia, merupakan IHH ketiga yang diselenggarakan PT TWC di kawasan DPSP Borobudur. IHH pertama dilakukan di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Sementara IHH kedua diadakan di Purworejo, Jawa Tengah.

Para peserta IHH diharapkan bisa ikut mendorong kesadaran masyarakat dan lingkungan di sekitarnya untuk lebih peduli terhadap kenyamanan dan pelayanan wisata sehingga akan membawa dampak positif bagi pariwisata Indonesia di mata dunia.

 

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement