Selasa 06 Jun 2023 00:04 WIB

Lexus Luncurkan SUV Terkecil, Sekecil Toyota Yaris Cross?

Gaya All New LBX berbeda dari pluralitas tipikal bahasa gaya Lexus.

All New Lexus LBX merupakan SUV Lexus terkecil yang diluncurkan di Milan, Italia, Senin (5/6/2023).
Foto: Lexus
All New Lexus LBX merupakan SUV Lexus terkecil yang diluncurkan di Milan, Italia, Senin (5/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-Lexus memperkenalkan SUV terkecilnya All New Lexus LBX yang akan ditawarkan secara eksklusif dengan powertrain hybrid. Model ini pada dasarnya adalah Toyota Yaris Cross versi Lexus.

Dipresentasikan kepada media di sebuah acara di Milan, Italia, Senin (5/6/2023) oleh Chief Branding Officer Simon Humphries dan Presiden Lexus Takashi Watanabe, model baru ini akan diperkenalkan ke Eropa, Jepang, dan pasar tertentu di seluruh dunia mulai kuartal keempat 2023.

Baca Juga

Moniker LBX berasal dari inisial Lexus Breakthrough Crossover, menandakan itu akan menjadi model yang sangat penting untuk Eropa lokasi model tersebut dikembangkan. Lexus menyebut LBX sebagai SUV kompak tetapi jelas dari jejaknya bahwa model tersebut termasuk dalam segmen subkompak (B-SUV), menyaingi DS 3. 

photo
Lexus LBX diluncurkan di Milan, Italia, Senin (5/6/2023). - (Lexus)

 

 

Lebih khusus lagi, Lexus LBX berukuran panjang 4.190 mm (165 inci), lebar 1.825 mm (71,9 inci), dan tinggi 1.545 mm (60,8 inci) dengan jarak sumbu roda 2.580 mm (101,6 inci), menjadikannya lebih besar dari Toyota Yaris Cross dan 305 mm (12 inci) lebih pendek dari Lexus UX.

Gayanya berbeda dari pluralitas tipikal bahasa gaya Lexus. Di bagian depan, kisi-kisi spindel telah berevolusi menjadi asupan tengah yang lebih mudah dicerna dengan pola sarang lebah yang menyatu dengan bodywork. Lampu depan LED yang agresif di tepi kap pendek dihubungkan melalui potongan trim tipis, dengan intake bumper bawah menambah kesan sporty.

Profil mengadopsi permukaan premium dan kelongsong plastik halus di sekitar lengkungan roda, sedangkan potongan trim hitam mengkilap di pilar C terlihat seperti perpanjangan dari rumah kaca. Di bagian belakang, sorotannya adalah lampu belakang full LED yang terinspirasi dari kacamata hitam, mempertegas bahu belakang yang bernuansa tone-up. Kita juga bisa melihat aksen krom di sekitar faux bumper outlet, spoiler belakang, dan pipa knalpot yang tidak terlihat.

Lexus sangat menekankan pada opsi personalisasi. Pembeli dapat memilih antara LBX entry-level, Elegant / Relax yang disempurnakan (eksterior monoton, roda 18 inci yang mengkilap), atau Emotion / Cool yang lebih sporty (eksterior bi-tone, roda 18 inci), masing-masing dengan keunikan. Selain itu, mereka yang menginginkan sesuatu yang lebih istimewa dapat memilih layanan Lexus Bespoke Build baru yang akan tersedia di pasar tertentu.

Bergerak ke dalam, Lexus terlihat lebih mewah dan penuh teknologi dibandingkan dengan Toyota yang terkait secara mekanis berkat fitur-fitur seperti konsol tengah miring, pencahayaan sekitar, dan pemilihan pelapis premium termasuk kulit semi-anilin, Ultrasuede, atau ramah-vegan pilihan. Kokpit menggabungkan kluster instrumen digital 12,3 inci, tampilan head-up, dan layar sentuh 9,8 inci untuk infotainment Lexux Link Connect, yang kompatibel dengan pembaruan over-the-air, Apple CarPlay nirkabel, dan konektivitas kabel Android Auto .

Peralatan keselamatan cukup lengkap untuk segmen ini berkat paket standar Lexus Safety System + ADAS. Sistem audio opsional Mark Levinson memiliki 13 speaker termasuk subwoofer. Lexus juga bangga dengan level NVH Lexus LBX dengan banyak insulasi ekstra. Kapasitas kargo adalah 332 lt (11,7 kaki kubik) pada varian FWD dan sedikit lebih kecil pada AWD karena perangkat keras tambahan di poros belakang.

Model ini didasarkan pada arsitektur GA-B yang telah “disesuaikan secara fundamental untuk memenuhi persyaratan Lexus” dan secara eksklusif ditawarkan dengan powertrain hybrid yang dapat diisi sendiri. Mesin bensin tiga silinder 1,5 liter dipadukan dengan motor listrik dua (FWD) atau tiga (E-Four AWD), CVT elektronik, dan paket baterai NiMH.

Output gabungannya adalah 134 hp (100 kW / 136 PS) dan torsi 185 Nm (136,5 lb-ft). Menariknya, tenaga ini 20 hp (15 kW / 20 PS) dan 65 Nm (48 lb-ft) lebih besar dari keluaran Toyota Yaris Cross. Lexus mengklaim akselerasi 0-100 km/jam (0-62 mph) diselesaikan dalam 9,2 detik. Varian FWD menampilkan poros belakang torsion beam, sedangkan AWD mendapatkan pengaturan double-wishbone yang lebih canggih.

Produksi Lexus LBX akan dimulai pada akhir 2023 dengan pengiriman pertama menyusul pada awal 2024, terutama difokuskan pada pasar Eropa. Di Inggris, Lexus akan mulai menerima pesanan Juli ini, dengan batch pertama LBX setir kanan akan tiba pada Maret 2024.

Australia juga merupakan kandidat yang baik untuk menjadi salah satu "pasar global terpilih" untuk Lexus LBX, meskipun menurut perusahaan keputusan "akan dibuat pada tahap selanjutnya".

sumber : Carscoops.com
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement