Jumat 03 Mar 2023 20:00 WIB

Pelindo IV Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Warga Makassar

Kegiatan itu diharapkan memudahkan warga mengakses layanan kesehatan.

Layanan kesehatan gratis (ilustrasi). PT Pelabuhan Indonesia (Persero) IV menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk 400 warga di empat kelurahan dari dua kecamatan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Foto: ANTARA FOTO/Makna Zaezar
Layanan kesehatan gratis (ilustrasi). PT Pelabuhan Indonesia (Persero) IV menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk 400 warga di empat kelurahan dari dua kecamatan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- PT Pelabuhan Indonesia (Persero) IV menggelar pemeriksaan kesehatan gratis untuk 400 warga di empat kelurahan dari dua kecamatan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

"Pemeriksaan kesehatan gratis ini difokuskan di dua kecamatan yakni Kecamatan Tallo dan Kecamatan Ujung Tanah sebagai bentuk kepedulian dan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perseroan kepada masyarakat," kata Regional Head IV Pelindo Enriany Muis di Makassar, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan TJSL Pelindo fokus pada 3 bidang yaitu pendidikan, lingkungan, dan Usaha Menengah Kecil (UMK). Melalui kegiatan itu diharapkan memudahkan warga di empat kelurahan yakni Kelurahan Tallo, Buloa, dan Kelurahan Kaluku Bodoa di Kecamatan Tallo, serta Kelurahan Cambaya di Kecamatan Ujung Tanah, Kota Makassar, untuk menjangkau tempat layanan kesehatan secara gratis.

Division Head Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional IV, Basri Alam, mengatakan, program pemeriksaan kesehatan gratis tersebut bekerja sama dengan Puskesmas Rapokaling, Puskesmas Pembantu Kelurahan Buloa, dan dokter dari perseroan yang akan berlangsung selama enam bulan. "Pemeriksaan kesehatan gratis di dua kecamatan ini merupakan tahap pertama. Usai enam bulan akan kami lakukan lagi di wilayah lainnya," kata Basri.

Dia mengatakan kegiatan TJSL tersebut dilakukan di wilayah ring satu perseroan. Adapun target setiap kelurahan adalah 100 orang dan pemeriksaan dimulai pukul 08.00 hingga 16.00 WITA. Program TJSL pemeriksaan kesehatan gratis untuk tahap pertama ini sudah mulai berlangsung pekan ini bertempat di rumah Ketua RW 1 Kelurahan Tallo, Andi Zulkifli dan pemeriksaan dilakukan di rumah Ketua RW 2 Kelurahan Buloa, M Nur Sherly Andarias, Bidan Penanggung Jawab Puskesmas Pembantu Kelurahan Buloa.

Menurut Sherly, kebanyakan warga yang melakukan pemeriksaan adalah perempuan lansia. Namun ada juga anak-anak dan laki-laki. Umumnya pasien mengeluhkan penyakit hipertensi dan penyakit lainnya, seperti batuk.

Salah seorang pasien Hajerah (72 tahun) yang mengeluhkan sering mengalami kepala pusing menyampaikan apresiasinya pada pihak Pelindo yang telah memberikan bantuan pelayanan kesehatan gratis. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami, karena kami bisa menjangkau tempat layanan kesehatan yang lebih dekat lagi dengan tempat tinggal," ujarnya.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement