Jumat 17 Feb 2023 07:20 WIB

Kanwil DJP Jatim II Serahkan Tersangka Pengemplang Pajak

Tersangka sengaja tidak menyampaikan SPT Masa PPM dan tidak menyetorkan PPN

Logo Kementerian Keuangan. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim II menyerahkan seorang tersangka pengemplang pajak berinisial SMR beserta barang buktinya kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Kamis (16/2/2023).
Foto: Facebook Kementerian Keuangan RI
Logo Kementerian Keuangan. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim II menyerahkan seorang tersangka pengemplang pajak berinisial SMR beserta barang buktinya kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Kamis (16/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jatim II menyerahkan seorang tersangka pengemplang pajak berinisial SMR beserta barang buktinya kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU), Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik, Kamis (16/2/2023).

Kepala Kanwil DJP Jatim II, Agustin Vita Avantin, mengatakan, tersangka SMR merupakan komisaris CV DKM yang memiliki kegiatan usaha dalam bidang jasa konstruksi. Tersangka diduga kuat melakukan tindak pidana di bidang perpajakan. Yakni dengan sengaja tidak menyampaikan Surat Pemberitahuan (SPT) Masa Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan tidak menyetorkan PPN yang sudah dipungut.

Baca Juga

"Akibatnya, dapat menimbulkan kerugian pada pendapatan negara," kata Agustin dalam keterangan tertulis di Sidoarjo, Kamis (16/2/2023).

Ia mengatakan, tindak pidana ini terjadi di lokasi usaha CV DKM dan dilakukan pada masa pajak Juni sampai Agustus 2020 dan untuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN). CV DKM terdaftar sebagai wajib pajak dan menyampaikan SPT di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gresik.

"Akibat perbuatan tersangka SMR dapat menimbulkan kerugian pendapatan negara sekurang-kurangnya sebesar Rp 555,85 juta," ucap Agustin.

Ia mengatakan, modus operandi yang dilakukan, CV DKM melakukan pembangunan gedung di Jawa Tengah kemudian memperoleh imbalan jasa atas pekerjaan itu. Setelah menyelesaikan pekerjaan dan memperoleh pembayaran, kata dia, tersangka SMR tidak menyetorkan PPN yang telah dipungut dan tidak melaporkan SPT Masa PPN Masa Pajak Juni sampai Agustus Tahun 2020.

"Akibatnya, menimbulkan kerugian pada pendapatan negara di sektor PPN," kata dia.

Agustin mengatakan, tersangka (SMR) terancam pidana penjara paling singkat enam bulan dan paling lama enam tahun dan denda paling sedikit dua kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar serta paling banyak empat kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar. Ini sesuai dalam Pasal 39 Ayat (1) huruf c atau Pasal 39 Ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan sebagaimana diubah terakhir dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan.

Kepala Bidang Pemeriksaan, Penagihan, Intelijen dan Penyidikan Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II, Irawan menyatakan keberhasilan Kantor Wilayah DJP Jawa Timur II dalam menangani tindak pidana di bidang perpajakan itu menjadi wujud koordinasi yang baik antara Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kanwil DJP Jawa Timur II, Kejaksaan Negeri dan Kepolisian di wilayah Jawa Timur.

"Keberhasilan ini sekaligus menunjukkan keseriusan dalam melakukan penegakan hukum di bidang perpajakan di wilayah Jawa Timur. Harapannya, akan memberikan efek jera bagi peningkatan kepatuhan wajib pajak dan mendukung tugas Direktorat Jenderal Pajak dalam menghimpun penerimaan pajak yang ditetapkan dalam APBN," kata dia.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement