Sabtu 13 Nov 2021 02:19 WIB

Gubernur BI Pimpin Pertemuan Komite Eksekutif IFSB

Perry mengarahkan IFSB untuk memperkuat proses tata kelola internal.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Friska Yolandha
Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo yang untuk kedua kalinya menjadi Chairman of Executive Committee (EC) Islamic Financial Services Board (IFSB) periode 2021-2023.
Foto:

Sementara itu, BI-FAST merupakan suatu terobosan bagi Bank, termasuk perbankan syariah, dan Lembaga selain Bank. Agar dapat memfasilitasi layanan transfer yang  seketika (real time) dan sepanjang waktu (24/7) serta terintegrasi dengan sistem pembayaran nasional.

Pertemuan bilateral dengan SAMA  menghasilkan beberapa hal. Diantaranya untuk mendorong kerja sama cross-border payment Indonesia-Arab Saudi termasuk kemungkinan menggunakan QRIS, digitalisasi sistem pembayaran, dan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah secara internasional.

Selain itu juga melakukan pembentukan IFSB regional hub, serta dukungan dari SAMA kepada Indonesia sebagai Presidensi G20 pada 2022 mendatang. Pada pertemuan dengan SBP, Gubernur SBP menyampaikan apresiasi atas perkembangan digitalisasi di Indonesia, serta disepakati untuk dibuat Structured Bilateral Cooperation antara kedua lembaga, dengan fokus digitalisasi dan komunikasi.

 

Dalam hal ini, SBP sangat ingin mempelajari program-program BI di kedua bidang, yang dianggap berhasil. Sementara itu, pertemuan dengan IsDB menghasilkan beberapa program inisiatif nyata untuk mendorong kerja sama ekonomi dan keuangan syariah internasional, terutama di bidang perdagangan dan inklusi keuangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement