Sabtu 21 Sep 2019 00:07 WIB

Soal Akuisisi, Bank Permata Fokus Benahi Kinerja

Per Juni 2019, NPL Bank Permata berada pada level 3,58 persen.

Rep: Novita Intan/ Red: Friska Yolanda
Bank Permata
Bank Permata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Permata Tbk fokus membenahi kinerja pada tahun ini. Menyoal akusisi, perusahaan sepenuhnya menyerahkan ke para pemegang saham.

Hal tersebut disampaikan perseroan terkait kabar banyak pihak yang berminat mengakusisi bank yang sahamnya dimiliki Astra dan Standart Chartered Bank Plc itu. "Rencana akuisis diserahkan ke pemegang saham saja soalnya saya tugasnya membereskan bank ini, membuat bank ini semakin cantik," ujar Direktur Utama Bank Pertama Ridha DM Wirakusumah usai acara 'Peluncuran Model Branch PermataBank' di Menara Astra, Jumat (20/9).

Baca Juga

Menurutnya salah satu perbaikan yang dilakukan dapat dilihat dari kualitas kredit Bank Permata, dengan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) yang semakin membaik. Per Juni 2019 atau akhir semester I 2019, NPL Bank Permata berada pada level 3,58 persen jauh lebih baik dibandingkan posisi akhir 2018 pada level 4,36 persen.

"NPL semakin bagus, kredit macet turun 50 persen, secara nett 1,2 persen sampai 1,3 persen dan gross ada kemungkinan di bawah 3 persen, tapi tidak mau janji," ucapnya.

Sementara Direktur in Charge Astra Financial Suparno Djasmin menambahkan perusahaan cukup apresiasi kinerja Bank Permata lantaran mampu menekan NPL hanya 3,6 persen. "Dengan coverage NPL 160 persen. Memang Bank Permata mengalami masa yg sulit pada 2018, pada 2016 tim bekerja keras, lalu 2017-2018 saya kira banyak impprove," jelasnya.

Menurutnya hal yang perlu dilakukan Bank Permata dengan memberikan inovasi kepada pada nasabah. Salah satunya Bank Permata melakukan konfigurasi ulang, mendesain dan membayangkan kembali konsep cabang yang tepat dan memadai, sehingga dapat beradaptasi dengan perubahan perilaku dan gaya hidup nasabah.

"Konsep Model Branch Bank Permata dibangun bergaya kekinian dengan area yang nyaman bagi nasabah. Dari pemilihan warna pada gambar yang berani dan memukau, tata letak ruangan yang optimal, Model Branch ini menciptakan lingkungan yang imersif sesuai dengan aspirasi untuk menjadi Bank yang simple, fast and reliable," jelasnya.

Model Branch Bank Permata didesain sedemikian rupa agar dapat melayani nasabah dengan konsep paperless dan semua aktivitas dapat dilaksanakan secara digital, sehingga staf bank berfokus membantu nasabah dalam hal konsultasi dan transaksi yang kompleks. 

"Paling penting inovasi-inovasi yang telah dilakukan. Digital branch pertama melengkapi inovassi Bank Permata karena semakin memperkuat value change," ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement