Rabu 05 Dec 2018 22:58 WIB

Kemenhub Siapkan 1.293 Kapal untuk Angkutan Natal Tahun Baru

Semua kapal tersebut disiapkan dengan disertai pemeriksaan uji berkala.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Sejumlah penumpang berjalan munuju kapal feri (ilustrasi)
Foto: Antara/Wira Suryantala
Sejumlah penumpang berjalan munuju kapal feri (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemeterian Perhubungan (Kemenhub) saat ini sudah menyiapkan antisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang kapal pada angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Kepala Sub Direktorat Sistem Informasi dan Sarana prasaranan Angkatan Laut Kemenhub, Ferdy Trisanto mengatakan sudah menyiapkan jumlah kapal untuk masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2019.

Dia mengatakan Kemenhub sudah menyiapkan armada kapal sebanyak 1.293 unit. "Kapal ini dengan kapasitas angkutan sekitar 3,4 juta orang totalnya," kata Ferdy di Gedung Kemenhub, Rabu (5/12).

Ferdy mengatakan armada yang digunakan untuk masa angkutan Natalm2018 dan Tahun Baru 2019 didapatkan dari beberapa perusahaan. Armada yang digunakan dari PT Pelni, armada perintis, Roro Swasta, kapal penumpang swasta, kapal swasta jarak dekat, dan kapal perintis dengan pengganti.

Dia memastikan, semua kapal tersebut disiapkan dengan disertai pemeriksaan uji berkala. "Dilakukan juga uji petik. Selain itu kami juga memastikan ABK yang bertugas di Natal dan Tahun Baru 2019 dalam kondisi baik," jelas Ferdy.

Ferdy menambahkan, penyelenggaraan angkutan laut pada masa tersebut dilakukan di 52 pelabuhan yang akan dipantau. Sebab, dia menyebutkan penumpang pada Natal dan Tahun Baru 2019 akan meningkat 3,49 persen. "Diperkirakan pada 37.564 penumpang dan posko akan kita mulai pada 18 Desember 2018 sampai 8 Januari 2019," tutur Ferdy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement