Rabu 21 Mar 2018 11:05 WIB

Jumlah Plastik Laut Bertambah 3 Kali Lipat dalam 10 Tahun

Ekonomi samudra diperkirakan tumbuh 2 kali lipat menjadi 3 triliun dolar AS pada 2030

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Budi Raharjo
Sampah penuhi pantai setelah terbawa ombak laut. (ilustrasi)
Foto: Antara/Irwansyah Putra
Sampah penuhi pantai setelah terbawa ombak laut. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Jumlah plastik di laut bertambah menjadi tiga kali lipat dalam satu dekade kecuali sampah ditahan. Plastik hanyalah satu masalah yang dihadapi laut dunia, bersama dengan naiknya permukaan laut, pemanasan lautan, dan polusi.

Namun Laporan Tinjauan Masa Depan Laut untuk pemerintah Inggris mengatakan ada juga peluang untuk mendapatkan uang tunai pada 'ekonomi samudra', seperti dilaporkan BBC, Rabu (21/3). Mereka mengatakan ekonomi samudra diperkirakan tumbuh dua kali lipat menjadi 3 triliun dolar AS pada 2030.

Laporan itu mengatakan lebih banyak pengetahuan dibutuhkan tentang lautan. Para penulis mengatakan dunia membutuhkan misi untuk "Planet Laut" untuk mencerminkan kegembiraan pelayaran ke bulan dan Mars.

Laporan ini ditulis oleh para ahli untuk para menteri secara singkat tentang masalah signifikansi jangka menengah dan panjang. Yang satu ini telah ditandatangani oleh para menteri dari empat departemen yang berbeda karena para penulis menekankan perlunya kebijakan samudera yang bergabung.

Salah satu penulisnya, Prof Edward Hill dari Pusat Oseanografi Nasional Inggris mengatakan bahwa lautan sangat penting bagi masa depan ekonomi. "Sembilan miliar orang akan mencari ke laut untuk mendapatkan lebih banyak makanan, namun kita tahu sedikit tentang apa yang ada di sana. Kami menginvestasikan banyak uang dan antusiasme untuk misi ke ruang angkasa - tetapi tidak ada yang hidup di sana. Dasar laut penuh dengan kehidupan. Kami benar-benar membutuhkan misi ke planet laut - ini adalah perbatasan terakhir."

Salah satu penulis lain, kepala ilmuwan untuk departemen lingkungan pemerintah Inggris Ian Boyd, berpendapat sama. "Lautan tidak terlihat, tidak terpikirkan. Ada proses eksplorasi yang berkesinambungan untuk hal-hal baru untuk dieksploitasi di lautan, dan itu terjadi lebih cepat daripada yang bisa kita ikuti. Kecurigaan saya adalah undang-undang juga berjuang untuk mengikuti - dan jelas ada risiko dalam hal itu."

Dia mengatakan bahwa peternakan lepas pantai, industri minyak dan perusahaan pertambangan menyebar ke wilayah yang belum dijelajahi. "Para ilmuwan perlu masuk ke sana lebih cepat daripada orang komersial atau setidaknya pada saat bersamaan - untuk menerapkan peraturan yang tepat untuk mengatur industri tersebut."

Laporan tersebut menyoroti banyak kekhawatiran, termasuk kekhawatiran saat ini tentang sampah plastik laut, yang diperkirakan akan tiga kali lipat antara tahun 2015 dan 2025.

Tapi laporan tersebut menekankan bahwa lautan sedang diserang dari berbagai jenis polusi - termasuk limbah pestisida dan pupuk dari peternakan, racun industri seperti PCB, dan obat-obatan. Para penulis mengatakan jika pemerintah dapat mengidentifikasi cara melindungi keanekaragaman hayati di lautan, ada kekayaan yang akan dipanen - termasuk nodul-nodul logam dan mungkin bahkan obat untuk kanker.

Mereka memprediksi bahwa pertumbuhan industri terbesar di lautan akan datang dari angin lepas pantai, diikuti oleh perikanan laut dan pengolahan ikan. Laporan ini juga memproyeksikan peningkatan penangkapan industri ikan liar.

Hal ini mengejutkan Rachel Jones, ahli kelautan dari Kebun Binatang London, ZSL. "Mengingat bahwa 90 persen perikanan global berada pada atau di atas tingkat tangkapan yang berkelanjutan, saya tidak dapat benar-benar melihat bagaimana mereka akan memperluas perikanan tangkap."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement